Mother&Baby Indonesia
Ternyata, Ini Penyebab Anak Terlambat Bicara

Ternyata, Ini Penyebab Anak Terlambat Bicara

Jika Si Kecil sudah menginjak usia 2 tahun, namun belum menguasai banyak kosakata, Anda mungkin khawatir, ia mengalami keterlambatan bicara. Beberapa penelitian memang menunjukkan gadget mempengaruhi fenomena ini, tetapi masih ada penyebab lain mengapa Si Kecil terlambat berbicara. Berikut beberapa di antaranya:

 

Gangguan perkembangan lain



Menurut dr. Jenni K. Dahliana, Sp.A, keterlambatan bicara sering menjadi penyerta dari gangguan perkembangan lain. Gangguan pendengaran dan autisme adalah beberapa contoh gangguan yang disertai dengan keterlambatan bicara.

 

Lahir sebagai bayi berisiko tinggi



Pada bayi berisiko tinggi, ada kemungkinan ia mengalami keterlambatan perkembangan, termasuk keterlambatan bicara. “Bayi berisiko tinggi adalah bayi lahir prematur, bayi dengan berat badan rendah, atau bayi yang memerlukan perawatan NICU,” jelas dr. Jenni.

 

Ibu hamil dengan kondisi khusus

"Beberapa penyakit yang diderita ibu saat hamil juga dapat berpengaruh pada bayi ketika ia lahir. Contohnya, ibu hamil yang mengalami hipertensi atau infeksi rubella," jelas dr. Jenni yang praktik di Klinik Tumbuh-Kembang Ruwivito Harun Ekasari ini. (Nadia/DC/Dok. M&B)



Tags: toddler,   balita,   kesehata,   tumbuh_kembang








Related Article