Mother&Baby Indonesia
5 Makanan Wajib untuk Anak Berusia di Bawah 1 Tahun

5 Makanan Wajib untuk Anak Berusia di Bawah 1 Tahun

Menginjak usia 9-12 bulan, ada beberapa makanan yang harus dicoba Si Kecil, agar menu makanannya semakin bervariasi. Dilansir dari parents.com, ada 5 makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk menunjang tumbuh-kembangnya:

 



1. Bayam

Menurut Annabel Karmel penulis buku Superfoods for Babies and Children, bayam kaya akan kalsium yang membantu bayi memiliki tulang lebih kuat, vitamin C, serta beta karoten tinggi. Tekstur bayam yang lembut memudahkan bayi untuk menelan sayur berwarna hijau ini. Anda dapat memasaknya menjadi sayur bening atau dicampur menjadi bubur.

 



2. Stroberi

Buah ini mengandung banyak vitamin C yang diperlukan tubuh dan berguna bagi kesehatan kulit, tulang, dan gigi. Cara penyajiannya cukup mudah, Anda dapatkan menghaluskan stroberi menggunakan blender, lalu berikan sedikit demi sedikit kepada Si Kecil. Bila rasanya terlalu asam, Anda dapat menambahkan madu atau susu ke dalamnya.

 

3. Daging

Selain sayur dan buah, Si Kecil juga perlu diberikan daging yang kaya zat besi untuk meningkatkan metabolisme tubuhnya. Daging mengandung protein yang dapat membantu membentuk jaringan baru pada otot-otot Si Kecil. Anda dapat membuatkan bakso daging yang lembut untuk Si Kecil.


4. Tomat

Di dalam tomat terdapat kandungan likopen, yaitu senyawa fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, tomat mengandung protein, serat, kalium, dan asam folat yang berguna untuk tumbuh-kembang Si Kecil. Anda dapat memberikan tomat dalam bentuk jus kepadanya.

 

5. Brokoli

Dalam 100 gram brokoli yang dimasak, terkandung 56 mikrogram asam folat dan 88 miligram kalsium yang berguna untuk tubuh Si Kecil. Tekstur brokoli cukup keras, sehingga Anda harus melumatkannya terlebih dahulu sebelum diberikan kepadanya. (Seva Dwi/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   mpasi,   makanan,   nutrisi