Mother&Baby Indonesia
Cara Mudah Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Bayi

Cara Mudah Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Bayi

Membiasakan Si Kecil hidup bersih dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatannya. Salah satu kebiasaan yang dapat diajarkan adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi. Sebagai ibu, Anda sebaiknya mengajarkan Si Kecil menjaga kebersihan mulutnya sejak dini, bahkan sejak ia bayi dan masih mengonsumsi ASI.

 

“Kebanyakan orangtua baru mengajari Si Kecil menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut ketika ia sudah tumbuh gigi. Padahal, hal ini sebaiknya sudah diajari di usia sedini mungkin, bahkan saat anak baru mengonsumsi ASI," jelas drg. Kayla Putri saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan (26/5/2016).



 



Menjaga kebersihan mulut dan gigi untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, dapat dilakukan dengan cara membersihkan lidah, gusi, dan area di sekitar mulut menggunakan kasa yang sudah dibasahi air hangat. Sementara untuk usia 6 bulan ke atas atau ketika Si Kecil mulai mengonsumsi makanan padat, ajari ia menyikat gigi ketika gigi pertamanya muncul menggunakan sikat gigi silikon yang menempel di jari. Sejak saat itu pula, Anda harus mulai membiasakannya menyikat gigi di pagi dan malam hari sebelum tidur. (Seva Dwi/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   balita,   anak,   mulut,   gusi










Cover Mei-Juni-Juli 2020