Mother&Baby Indonesia
Baby Led Weaning Membuat Kadar Lemak Anak Lebih Tinggi?

Baby Led Weaning Membuat Kadar Lemak Anak Lebih Tinggi?

Baby Led Weaning (BLW) merupakan metode pemberian MPASI dengan membiarkan Si kecil makan sendiri. Metode ini diperkenalkan oleh Gill Rapley dan Tracey Murkett dalam buku Baby-Led Weaning: Helping Your Baby to Love Good Food dan The Baby-Led Weaning Cookbook. BLW dilakukan dengan memberikan Si Kecil finger foods dan membiarkannya menyantap sendiri.

 

Para peneliti dari Universitas Otago, New Zealand, menemukan bahwa metode BLW sangat memengaruhi kebiasaan makan Si Kecil. “Kami menemukan bahwa di satu sisi metode ini baik, tetapi juga memberikan sedikit pengaruh buruk dari segi kesehatan,” ujar Dr. Anne-Louise Heath, salah satu anggota dari tim peneliti.



 

Penelitian pun menyebutkan bahwa anak yang melakukan metode BLW memiliki kenyamanan ketika harus memilih makanan saat tumbuh dewasa. Mereka tidak takut mencoba makanan baru dan lebih antusias saat harus mengonsumsi jenis makanan yang bervariasi.

 




“Sayangnya, metode BLW ternyata menyebabkan kadar lemak dalam tubuh anak lebih tinggi. Sedangkan kadar zat besi, seng, dan vitamin B12-nya lebih rendah. Hal ini terjadi karena orangtua justru memberi makanan yang 'aman' bagi Si Kecil dan cenderung itu-itu saja,” ujar Dr. Anne-Louise.

 


Para peneliti menyarankan agar Moms tetap kreatif dalam memberikan MPASI bagi Si Kecil. “Perhatikan kandungan zat besi, seng, dan vitamin B12-nya. Bentuk dan tekstur finger foods juga penting, karena BLW berisiko membuat Si Kecil lebih mudah tersedak. Karena itu, Anda harus selalu mengontrol dan mendampinginya saat sedang makan,” tutup Dr. Anne-Louise. (Lydia Natasha/DC/Dok. Mother&Baby UK)



Tags: baby,   info_bayi,   kesehatan,   mpasi








Cover Maret 2020