Mother&Baby Indonesia
Asam Folat Tinggi pada Ibu Hamil Membuat Anak Autis?

Asam Folat Tinggi pada Ibu Hamil Membuat Anak Autis?

Ibu hamil selalu disarankan untuk memenuhi asupan asam folat guna memaksimalkan perkembangan saraf pada bayi. Namun, penelitian dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa asupan asam folat yang terlalu banyak pada ibu hamil dapat menimbulkan risiko cukup besar.

 

Para peneliti menemukan, ibu yang memiliki kandungan asam folat tinggi dalam tubuhnya, berisiko melahirkan anak dengan sindrom autisme 2 kali lebih besar dibandingkan yang tidak. Asam folat alami biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Sementara yang sintetis bisa didapatkan dari roti, sereal, dan suplemen vitamin, terutama B12.



 

“Terlalu banyak asam folat dalam tubuh ibu hamil dapat berbahaya dan membuat bayi lahir dengan risiko autis. Karenanya, ibu hamil harus menjaga asupan asam folatnya. Penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang kadar asam folatnya tinggi, biasanya mengonsumsi terlalu banyak multivitamin atau suplemen,” ujar M. Daniele Fallin, PhD, dari Bloomberg School's Wendy Klag Center for Autism and Developmental Disabilities.



 

Menurut Ramkripa Raghavan, MPH, MSc, dari Department of Population, Family of Reproductive Health Bloomberg School, jika ibu hamil merasa lemas, mual, dan membutuhkan suplemen untuk menjalani kehamilan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Mereka akan memberikan suplemen yang tepat dan dapat mengukur seberapa banyak kadar folat yang dapat masuk dalam tubuh Anda. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: kehamilan,   bayi,   autis