Mother&Baby Indonesia
7 Tips Membersihkan Lemari agar Tidak Berjamur

7 Tips Membersihkan Lemari agar Tidak Berjamur

Lemari adalah tempat pakaian, tas, serta barang-barang penting Anda dan keluarga. Udara yang lembap membuat lemari rentan terkena jamur. Lakukan hal-hal berikut agar kebersihan lemari tetap terjaga!

 

1. Untuk mengusir hawa yang lembap, buka jendela kamar setiap pagi, agar sinar matahari bisa masuk dan mencegah tumbuhnya jamur. Anda juga dapat menyalakan kipas angin di depan lemari yang sudah terbuka untuk memberikan udara pada isi lemari.

 

2. Letakkan alas papan kayu tipis di bawah lemari untuk menahan hawa lembap dari lantai kamar. Hal ini diperlukan karena udara lembap dapat memancing timbulnya jamur pada lemari pakaian Anda.


Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Makanan agar bisa Tahan Lebih Lama

 

3. Bersihkan kotoran yang menempel pada lemari hingga benar-benar bersih. Gunakan cairan pembersih atau alkohol dengan kain lap. Bersihkan juga kaca atau cermin jika ada. Lakukan secara berulang, hingga lemari benar-benar bersih. Setelah itu, tunggu hingga lemari kering, baru masukkan pakaian atau barang-barang yang ada di lemari tersebut.

 

4. Letakkan kamper atau wewangian khusus, agar lemari berbau segar. Jadi saat membuka lemari, Anda tidak akan mencium bau yang tidak enak.

 

5. Perhatikan tata cahaya kamar tempat lemari berada. Jika pencahayaan kurang, cuaca akan lebih lembap dan jamur lebih mudah tumbuh.


Baca Juga: 8 Tips Cerdas dan Mudah agar Lemari Es Hemat Listrik

 

6. Usahakan agar baju dan barang-barang di lemari tidak berceceran. Kelompokkan pakaian sesuai kegunaannya, seperti baju pesta, seragam sekolah, dan lain-lain. Lemari yang rapi juga mendukung kebersihan lemari tersebut.

 

7. Bersihkan lemari secara rutin, misalnya setiap seminggu atau 2 minggu sekali di akhir pekan. Ajak suami dan Si Kecil untuk bersama-sama membersihkan lemari. Pasti lebih seru! (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: keluarga,   kesehatan,   kebersihan,   lemari