Mother&Baby Indonesia
Hal Penting dalam Menyiapkan Kakak Menyambut Adik Baru

Hal Penting dalam Menyiapkan Kakak Menyambut Adik Baru

Sejak Anda dinyatakan hamil anak ke-2, tidak ada salahnya untuk segera memberitahukannya kepada Sang Kakak, agar ia dapat mengenal adiknya lebih dini. Hal ini juga penting untuk mengurangi rasa cemburu saat adiknya lahir, karena perhatian Anda yang selama ini hanya tertuju kepadanya harus terbagi. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

 

Mengenalkan adik sedini mungkin
Anda bisa melakukannya dengan menunjukan hasil USG, mengajaknya saat periksa ke dokter kandungan, mengelus perut, dan turut menyiapkan kebutuhan bayi. Hal ini pun akan membuat Si Kakak merasa lebih 'terikat' dengan adiknya.

 

Membuat terbiasa dengan bayi
Buat Si Kakak terbiasa dengan kehadiran bayi dengan mengajaknya melihat bayi lain dan berkhayal mengenai apa saja yang dapat ia lakukan bersama adiknya nanti. Tidak ada salahnya pula jika Anda bercerita bahwa adik yang baru lahir harus digendong karena belum bisa berjalan dan harus diberi ASI, karena belum bisa minum susu dari gelas. 

 

Mengajari Kemandirian

Kalau biasanya kakak masih disuapi saat makan, pelan–pelan ajarkan ia untuk makan sendiri. Dengan kelahiran adik bayi, maka kakak harus bisa belajar mandiri. Dan, tugas Anda untuk 2 anak pun akan lebih ringan nantinya.

 

Bersikap adil

Ketika adik sudah lahir, luangkan waktu khusus bersama Sang Kakak, agar ia tidak merasa tersisih. Anda dapat melakukannya ketika adik sedang tidur. Anda bisa membacakan dongeng sebelum tidur atau menemani kakak bermain. Peran anggota keluarga lainnya juga tidak kalah penting! Ajak Ayah untuk menemani Si Kakak saat Anda mengurus adiknya, agar ia tidak merasa sendiri. Dengan begitu, Si Kakak akan mengerti bahwa perhatian Anda tidak berubah setelah adik lahir. (Seva Dwi/DC/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   adik,   kakak,   keluarga,   tips










Cover April 2020