Mother&Baby Indonesia
3 Cara Merangsang ASI agar Cepat Keluar

3 Cara Merangsang ASI agar Cepat Keluar

Setelah dilahirkan, bayi membutuhkan makanan untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Dan, makanan terbaik baginya adalah ASI. Umumnya, ASI keluar setelah 30-72 jam pasca persalinan. Namun pada beberapa kasus, ASI tak kunjung keluar dalam kurun waktu cukup lama. Sebelum panik, lakukan tips di bawah ini, agar ASI Anda bisa segera keluar!

 

1. Tetap Tenang

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah tetap tenang dan berpikiran positif. Jangan sampai Anda menjadi stres, karena terbebani dengan ASI yang tidak kunjung keluar. Stres hanya akan membuat ASI semakin sulit keluar, Moms. Sementara, ketenangan Anda akan menstimulasi otak untuk menghasilkan hormon oksitosin yang dapat merangsang keluarnya ASI.


2. Rangsang Puting Susu

Posisikan Si Kecil dekat puting susu dan biarkan ia mengisapnya. Cara ini dapat merangsang keluarnya ASI. Selain merangsang dengan mulut bayi, Moms dapat menarik dan memijat puting susu secara perlahan, agar ASI semakin cepat keluar.

 

3. Hangatkan Payudara

ASI yang tidak keluar dapat menyebabkan pembengkakan payudara. Hangatkan payudara dengan cara mengompres atau mandi air hangat. Selain mengurangi pembengkakan, menghangatkan payudara juga dapat merangsang keluarnya ASI. (Claudia Carla/DC/Dok. Mother&Baby UK)



BACA JUGA:

Tanya jawab Seputar ASI dan Menyusui 

Tips Manajemen ASI untuk Ibu Menyusui

4 Tanda Bayi Sudah Kenyang Minum ASI



Tags: asi,   tips_menyusui,   menyusui










Cover Mei-Juni-Juli 2020