Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini yang Harus Anda Lakukan saat Merasa Cemas!

Moms, Ini yang Harus Anda Lakukan saat Merasa Cemas!

Sebagai ibu, wajar jika Anda kerap mengalami rasa cemas. Apalagi, jika Si Kecil atau suami akan menghadapi sesuatu yang baru dalam hidupnya, seperti sekolah. Terkadang, Anda merasa cemas saat mengetahui mereka 'harus' melakukan sesuatu tanpa dampingan Anda. Menurut Richard Templar dalam bukunya, The Rules of Parenting, kecemasan itu adalah hal yang sangat lumrah, namun tetap harus Anda batasi dan atasi.



Richard berkata, ketika mengalami momen-momen seperti Si Kecil pertama kali masuk sekolah, bertanding olahraga, atau suami mengerjakan proyek baru, bukan Anda saja yang cemas, mereka juga! Perlu diketahui bahwa rasa cemas itu menular. Jadi kalau Anda cemas, orang-orang di sekitar Anda pun akan semakin cemas. Dan, tugas Anda sebagai ibu atau istri adalah menenangkan perasaan mereka.

 

Bangkitkan kepercayaan diri Si Kecil dan suami untuk terus maju saat mengatasi sesuatu yang baru. Yakinkan mereka bahwa segalanya akan baik-baik saja, meski sebetulnya Anda juga berdebar-debar karena cemas. Anda harus berusaha untuk tetap tersenyum dan tenang. Bagikan rasa cemas Anda hanya kepada orang terdekat, seperti sahabat atau orangtua.

 

Richard mengakui bahwa mengatasi kecemasan memang tidak mudah, tetapi Anda harus terus mencobanya. Berikan sugesti positif kepada Si Kecil dan suami, dukung mereka menghadapi hal baru dalam hidupnya, dan buat perasaan mereka lebih tenang dengan senyum, serta keyakinan Anda. Selamat mencoba, Moms! (Lydia Natasha Hadiwinata/DC/Dok. Mother&Baby UK)



Tags: cemas,   tips,   tips_ibu,   parenting








Cover Maret 2020