Mother&Baby Indonesia
3 Trik Menghilangkan Kebiasaan Menggigit pada Balita

3 Trik Menghilangkan Kebiasaan Menggigit pada Balita

Moms, mengajak Si Kecil bermain dengan teman-temannya tentu menyenangkan. Namun, apa jadinya ya kalau tiba-tiba ia mengigit temannya? Sebelum Anda memarahinya, baca dahulu tips berikut ini, agar Anda bisa menangani kebiasaan tersebut dengan cara yang tepat.

 

Berikan contoh
Kunci untuk mematahkan kebiasaan anak yang suka menyakiti orang lain adalah mengajarinya berempati. Kenalkan rasa empati kepada Si Kecil dengan memberi contoh langsung. Katakan maaf dan tunjukkan rasa simpati kepada teman yang ia 'sakiti' untuk memancing rasa empatinya. Hal itu juga akan menunjukkan bahwa Anda memahami kesalahan Si Kecil dan membuatnya mengerti kalau ia boleh kesal, tetapi sebaiknya tidak menyakiti orang lain.



 

Tunjukkan Anda tidak menyukainya
Pengalaman menggigit sering kali terasa menyenangkan bagi Si Kecil, terutama bila sedang tumbuh gigi. Katakan 'tidak' jika ia ingin menggigit Anda dan beritahukan bahwa hal itu akan membuat Anda sedih. 

 



Bermain peran

 

Lakukan permainan peran agar Si Kecil semakin paham bahwa menggigit dapat menyakiti temannya. Saat di rumah, ambil 2 boneka kesayangannya dan mainkan dengan skenario kalau salah satu boneka menggigit boneka lain. Tunjukkan bahwa boneka kesayangan Si Kecil merasa sedih karena digigit dan jelaskan mengapa sikap menyakiti orang lain itu tidak baik. (Claudia Carla/DC/Dok. Mother&Baby UK)



Tags: balita,   anak,   info_balita








Cover Januari - Februari 2020