Mother&Baby Indonesia
4 Pilot Wanita Tidak Digaji karena Memompa ASI

4 Pilot Wanita Tidak Digaji karena Memompa ASI

Empat pilot wanita yang bekerja di Frontier Airlines di Amerika, mengajukan komplain kepada perusahaan mereka terkait hukuman yang diberikan karena memompa ASI saat bekerja. Shannon Kiedrowski merupakan salah satu pilot yang mendapatkan sanksi 32 minggu tanpa dibayar karena melakukan hal tersebut. Dan, ia tidak diperkenankan bekerja di penerbangan lain.

 

“Manajemen perusahaan tidak menunjukkan dukungan kepada ibu bekerja. Mereka justru mempertanyakan keputusan saya untuk mengasuh anak dan berkomitmen pada pekerjaan. Pihak manajemen bahkan sempat bertanya, mengapa saya tidak memberikan Si Kecil formula saja,” ujar Shannon.



 

Hal serupa juga dialami pilot wanita lain yang kini sedang hamil trimester 3. Perusahaan penerbangan tersebut menegaskan bahwa tidak ada akomodasi yang akan diberikan kepadanya sebagai ibu menyusui saat kembali bekerja. Beberapa pilot wanita yang bekerja di sana pun mengungkapkan, mereka sempat mengalami infeksi payudara karena tidak dapat memompa ASI secara rutin sehubungan dengan jadwal terbang yang padat.



 

Para pilot wanita tersebut telah mengajukan keberatannya dan belum mendapat tanggapan dari perusahaan. Namun terkait dengan mencuatnya isu ini, perwakilan Frontier di Denver, Amerika, mengatakan bahwa standar perusahaan telah sesuai dengan aturan yang berlaku dan wanita yang bekerja sebagai pilot penerbangan komersil memang memiliki tantangan tersendiri untuk menghadapinya. (Claudia Carla/DC/Dok. Huffingtonpost)



Tags: menyusui,   asi,   ibu_bekerja








Cover Januari - Februari 2020