Mother&Baby Indonesia
Cegah Hipertensi dan Obesitas dengan Diet Sehat

Cegah Hipertensi dan Obesitas dengan Diet Sehat

Saat ini, hipertensi dan obesitas adalah tantangan kesehatan yang tengah dihadapi masyarakat Indonesia. Keduanya tidak hanya dialami orang dewasa saja, namun juga anak-anak. Untuk mencegahnya, Anda perlu menerapkan diet sehat kepada diri Anda, anggota keluarga, dan anak-anak. Atur pola hidup dan makan dengan melakukan DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension, seperti berikut ini.

 



  • Batasi konsumsi garam atau natrium. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 2300 mg/hari atau bahkan kurang seperti yang direkomendasikan The American Heart Association, yaitu hanya 1500 mg/hari.

 

  • Konsumsi lebih banyak gandum, pilih yang whole grains karena lebih banyak mengandung nutrisi dan serat. Anda juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah.

 



  • Perbanyak asupan sayuran segar seperti wortel, brokoli, dan hindari anggapan bahwa sayuran hanya makanan pendamping saja.

 

  • Ganti camilan dengan buah-buahan yang termasuk makanan praktis dan mudah disediakan. Selain itu, buah juga mengandung banyak nutrisi seperti serat, kalium, magnesium, dan tentunya rendah lemak.

 

  • Tambahkan produk susu seperti keju, yogurt, dan susu yang merupakan sumber kalsium dalam konsumsi harian Anda.

 

  • Anda boleh mengonsumsi daging, unggas, dan ikan, namun perhatikan jenis, serta porsinya. Sebaiknya, konsumsi daging ayam tanpa kulit dan jenis ikan, seperti salmon dan tuna, karena tinggi omega 3 yang dapat membantu menurunkan kolestrol.

 

  • Lemak dapat membantu penyerapan vitamin dan membentuk sistem imun. Namun jika berlebihan, akan menyebabkan penyakit jantung. Untuk itu, batasi konsumsi lemak dan minyak.

 

  • Batasi asupan gula dan konsumsi makanan yang rendah lemak. Hindari juga konsumsi alkohol dan kafein berlebihan karena dapat meningkatkan tekanan darah.

 

  • Kombinasi menjaga pola makan sehat dan olahraga dapat mempercepat proses penurunan tekanan darah.  (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: diet,   obesitas,   hipertensi,   kesehatan