Mother&Baby Indonesia
Terapkan 3 Hal Ini saat Memberikan Gadget kepada Anak!

Terapkan 3 Hal Ini saat Memberikan Gadget kepada Anak!

Gadget dan internet adalah 2 hal yang sudah sangat lazim bagi anak-anak. Ada kalanya, Si Kecil meminta Anda untuk memberikan gadget, entah laptop, smartphone, atau tablet. ICT Watch Indonesia, yayasan yang bergerak di bidang literasi digital, memberikan beberapa tips yang harus Anda lakukan saat memberikan gadget kepada Si Kecil. 



1. Diskusikan Kebutuhannya 

Saat akan memberikan gadget dan akses internet kepada Si Kecil, tanyakan apa kebutuhannya. Jika hanya untuk main games, Anda cukup membelikan tablet saja. Ia mungkin akan bertanya mengapa tidak diberikan laptop atau smartphone yang lebih canggih. Jawablah dengan jujur dan tanamkan pemahaman bahwa membeli atau memiliki sesuatu harus berdasarkan kebutuhan, bukan mengikuti tren saja.





2. Ajarkan Tanggung Jawab 

Sebelum memberikan gadget kepada anak, katakan bahwa ia harus bertanggung jawab dan menjaga barang yang dimilikinya. Misalnya, jangan dijatuhkan, setelah dimainkan harus dikembalikan ke tempat semula, dan menjaganya agar tidak rusak. Hal ini perlu ditegaskan agar Si Kecil dapat menjaga gadget yang Anda belikan dan belajar bertanggung jawab.





3. Dampingi saat Bermain 

Internet adalah gudang berbagai macam informasi. Jika orangtua tidak pandai dan bijak memilah konten yang diakses, Si kecil bisa terpapar pengaruh negatif. Karenanya, Anda harus mendampinginya saat bermain gadget. Agar tidak 'mengganggu', pilih games yang dapat dilakukan berdua, jadi Anda bisa bermain sekaligus mengontrol Si Kecil. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: gadget,   gadget_anak,   memberikan_gadget_anak,   anak,   toddler,   baby,   technology,   gadget,   buah_hati










Cover April 2020