Mother&Baby Indonesia
Perilaku Unik dalam Proses Tumbuh-Kembang Anak

Perilaku Unik dalam Proses Tumbuh-Kembang Anak

Ada masanya Si Kecil sangat menggemaskan, tetapi ada kalanya pula ia bersikap menjengkelkan, seperti menarik tisu dalam kotak, mengenakan pakaian yang itu-itu saja, hingga mencorat-coret tembok rumah. Psikolog anak, Vera Itabiliana, Psi, mengatakan, hal ini wajar terjadi, karena balita memang senang bereksplorasi. Dan itulah mengapa, ada beberapa perilaku unik yang bisa ia lakukan. Berikut perilaku unik yang dilakukan balita sesuai tahapan usianya.

 

0-2 tahun



Mengurai Tisu

Saat 'menemukan' sekotak tisu, Si Kecil biasanya akan menariknya sampai habis. Di usia ini, ia memang senang melakukan aktivitas yang berulang-ulang. Sebaiknya, Anda membiarkannya melakukan hal ini, namun berikan batasan. Pisahkan tisu untuk dipakai keluarga dengan tisu yang boleh dimainkan Si Kecil. Beri ia satu kotak yang berisi beberapa lembar tisu saja.

 

2-3 tahun

Si Peniru Ulung

Saat sudah pandai berbicara, Si Kecil akan menjadi peniru ulung. Jangan memaksa ia untuk berhenti melakukan ini, karena sebenarnya ia sedang belajar bicara. Cara belajar pertama yang dikuasai Si Kecil adalah meniru. Anda pun harus lebih waspada dalam berbicara. Jangan mengucapkan kata-kata kasar di depannya, agar tak ditiru.

 



3-4 tahun

Melukis Tembok

"Beberapa kebiasaan unik Si Kecil, seperti 'melukis' tembok, sebenarnya merupakan wujud kreativitasnya," ujar Vera. Selain itu, Si Kecil juga sedang melatih motorik halusnya. Agar ia tidak 'melukis' tembok, alihkan media gambar Si Kecil, misalnya dengan menempel kertas di dinding. "Sensasi corat-coretnya tetap ada, tetapi dinding rumah Anda tetap bersih," saran Vera.

 

4-5 tahun

Memilih Gaya Sendiri

Si Kecil mulai bisa memilih gaya berpakaiannya sendiri dan mengenakan yang itu-itu saja, misalnya, saat ia sedang senang dengan salah satu tokoh kartun. Jika terpaksa mengganti pakaian karena harus dicuci, ia akan menunggunya sampai kering dan memakainya lagi. Cobalah mengalihkan perhatian Si Kecil dari pakaian tersebut dengan memberi pilihan beberapa pakaian sejenis. Anda juga harus bisa bersikap tegas kepadanya. "Si Kecil mungkin akan kesal selama 1-2 hari, tetapi nantinya ia akan mengerti," jelas Vera. (Dok. M&B/Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: milestone,   tumbuh_kembang,   bayi,   balita








Cover Maret 2020