Mother&Baby Indonesia
5 Tips Membuat Bayi Tidur Nyenyak

5 Tips Membuat Bayi Tidur Nyenyak

Anda mungkin sering membaca atau mendengar berapa jam seharusnya bayi tidur. Namun jika itu tidak berlaku untuk Si Kecil, jangan langsung khawatir ya, Moms! Setiap bayi berbeda dan panduan tersebut hanya untuk membantu Anda mengetahui seperti apa jadwal tidur bayi pada umumnya. 

 

Dilansir melalui Mother&Baby UK, apabila Si Kecil sering terbangun di malam hari dan sulit diajak tidur siang, bisa jadi ia mengalami masalah kesehatan. Biasanya diakibatkan oleh refluks atau alergi susu sapi, sehingga ia merasa tidak nyaman dan kesakitan.



 

ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, agar Si Kecil bisa tidur pulas. Misalnya, apabila ia mulai kelihatan mengantuk, Anda bisa memberikan 'sesuatu' yang memudahkannya untuk tidur, seperti digendong, menepuk-nepuk tubuhnya dengan lembut, memberikan empeng, atau disusui. Ada pula 5 tips lain yang dapat Anda coba.

 

1. Padamkan lampu kamar. Bayi belum mengerti bahwa ia perlu menutup matanya ketika akan tidur. Ia pun sulit terlelap jika mendapatkan banyak stimulasi, termasuk melalui cahaya. Ruangan yang gelap dapat menenangkan Si Kecil dan membuatnya mengantuk.

 



2. Pasang suara yang menenangkan. Sekarang, banyak aplikasi di ponsel atau alat pemutar suara yang bisa membantu Si Kecil tertidur pulas. Suara ombak juga dinilai mampu mengantarkannya menuju alam mimpi lho, Moms.


3. Membuat jadwal tidur. Mulailah membuat jadwal tidur Si Kecil sejak dini, lalu terapkan secara konsisten. Pada umumnya, butuh 72 jam untuk bayi memelajari rutinitas baru dan 7-10 jam membiasakan dirinya mengikuti pola tersebut.


4. Pastikan Si Kecil tidak lapar. Bayi akan tidur nyenyak bila cukup disusui dan diberi makan. 

 

5. Perhatikan tingkah-laku. Saat Si Kecil terbangun di malam hari, jangan langsung mendekatinya. Tunggu 5 menit dan amati gerak-geriknya. Apabila ia mengerang atau bergumam, tandanya ia terbangun dan sedang berusaha tidur kembali. Berikan dirinya waktu untuk tidur sendiri tanpa bantuan Anda. Namun jika Si Kecil terus bertingkah seperti itu, barulah Anda harus membantunya tidur kembali. Tidur siang yang rutin juga akan memudahkannya tidur di malam hari. (Sagar/DC/Dok. Mother&Baby)



Tags: bayi,   tidur










Cover Mei-Juni-Juli 2020