Mother&Baby Indonesia
Mengharukan! Ibu dan Anak Ini Sama-Sama Berjuang Melawan Kanker

Mengharukan! Ibu dan Anak Ini Sama-Sama Berjuang Melawan Kanker

Sungguh mengharukan kisah perjuangan Gemma Edgar, 30, dan Noah, 18 bulan, ibu dan anak asal Colchester, Inggris yang sama-sama menderita kanker, namun dengan jenis berbeda. Gemma mengalami Glioblastoma multiforme, kanker otak primer ganas paling agresif dan sering ditemui, sedangkan Noah menderita retinoblastoma, yaitu kanker yang terjadi pada retina.

 

Gemma didiagnosis mengidap kanker sejak 2014 dan sudah melakukan pengobatan radioterapi. Seusai radioterapi, ia lagi-lagi harus menghadapi kenyataan pahit. Dokter menemukan putra ke-2nya, Noah, memiliki retinablastoma dan dikhawatirkan telah menyebar ke bagian belakang mata.



 

Supaya segera sembuh, Noah perlu menjalani berbagai pengobatan, namun tidak mustahil sewaktu-waktu bola matanya akan diangkat sehingga ia tidak bisa melihat lagi. Rencananya, ia juga akan dibawa ke Amerika Serikan untuk mendapatkan terapi sinar proton.



 

Kasus retinablastoma di Inggris sebenarnya jarang terjadi, hanya sekitar 40 kasus setiap tahunnya. Para dokter pun belum menemukan, apakah ada kaitan antara kanker yang dialami Gemma dan Noah. Namun, Gemma memang  beberapa kali merasakan sakit kepala luar biasa saat mengandung Noah. Sayangnya, ia hanya menganggap hal tersebut sebagai perubahan hormon kehamilan, sehingga tidak begitu memedulikannya. (Meiskhe/DC/Dok. DailyMail)



Tags: melawan_kanker,   ibu_dan_anak,   glioblastoma_multiforme,   retinablastoma








Cover Maret 2020