Mother&Baby Indonesia
5 Hal yang Harus Disiapkan Jelang Persalinan

5 Hal yang Harus Disiapkan Jelang Persalinan

Persalinan selalu menjadi momen yang menegangkan bagi setiap calon ibu. Namun, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar lebih siap menghadapi momen tersebut. Anda bisa memulainya dengan melakukan 5 hal berikut ini.

 

1. Pola makan sehat 



Ibu hamil harus menempatkan nutrisi terbaik sebagai prioritas utama. "Anda harus menjalankan pola makan sehat dan mengontrol kenaikan berat badan, serta berolahraga teratur untuk menyiapkan tubuh menghadapi persalinan," ujar Sherry S. Rumsey, bidan asal Los Angeles.

 

Ia juga merekomendasikan konsumsi lemak yang baik bagi bumil, seperti yang terkandung dalam avokad dan flaxseed oil. Pilih makanan yang tak mengandung bahan adiktif, MSG, dan makanan rendah garam atau natrium. Hindari pula konsumsi junk food dan minuman bersoda.

 

2. Harus aktif 

Olahraga merupakan salah satu kunci sehat selama hamil. Jika Anda memiliki waktu, daftarkan diri dalam kelas-kelas khusus kehamilan, seperti prenatal yoga atau pilates. Jenis olahraga lain yang baik bagi bumil adalah berenang, jalan kaki, dan low impact aerobics. Olahraga diperlukan agar Anda bisa berlatih teknik napas saat persalinan nanti.

 



3. Latihan kegel 

Latihan kegel sangat direkomendasikan untuk keberhasilan persalinan dan melatih otot pelvic. "Latihan otot pelvic sangat penting untuk ibu hamil. Latihan ini bisa memperkuat otot panggul dan vagina yang akan 'bekerja keras' selama persalinan," ujar Carmela Cattuti, instruktur prenatal yoga dari Boston. Latihan kegel yang ideal adalah 25-45 kali, 3 kali sehari.

 

4. Tubuh dan pikiran rileks 

Kurangi konsumsi kafein, hindari latihan berlebih mendekati waktu tidur, lakukan meditasi dan yoga, mandi air hangat, dan berlatih teknik pernapasan merupakan cara terbaik menghabiskan trimester akhir kehamilan. Selama hamil, Anda sebaiknya juga mendengarkan 'sinyal' yang diberikan tubuh dan lebih memerhatikan diri sendiri. Jika Anda merasa lelah, jangan dipaksakan, segeralah beristirahat!

 

5. Istirahat cukup

Selama beberapa minggu terakhir kehamilan, pastikan Anda banyak istirahat dan tidur cukup, yaitu 8 jam sehari. Dengan istirahat cukup, Anda akan mengumpulkan stamina yang baik untuk persalinan nanti. Sejak awal kehamilan, terapkan posisi tidur yang disarankan untuk bumil, yaitu miring ke kiri. (VH/Lydia Natasha/DC/Dok. Mother&Baby UK)



Tags: birth,   persalinan,   melahirkan,   persiapan,   persiapan_persalinan,   menyiapkan_persalinan,   melahirkan








Cover Maret 2020