Mother&Baby Indonesia
6 Trik Mengejan yang Benar saat Bersalin

6 Trik Mengejan yang Benar saat Bersalin

Saat pembukaan mulut rahim sudah mencapai puncaknya, Anda pasti merasakan dorongan yang kuat untuk mengejan agar bayi bisa keluar. Namun agar persalinan berjalan lancar, Anda perlu mengetahui trik mengejan yang benar seperti berikut ini.

 

1. Buka Mata 



Mengejan dengan menutup mata, bisa meningkatkan tekanan pada mata. Hal ini terjadi karena saat mengejan, Anda membutuhkan tenaga yang sangat kuat dan koordinasi dari seluruh otot tubuh, termasuk mata. Sebaiknya, jaga mata agar tetap terbuka saat mengejan. Tekanan otot yang terlalu kuat berisiko menyebabkan pecahnya pembuluh darah di mata. Akibatnya, mata akan berubah merah hingga beberapa hari setelah melahirkan.

 

2. Jangan Berteriak 

Anggapan bahwa berteriak bisa membantu melegakan perasaan dan mengurangi rasa sakit ternyata kurang tepat. Berteriak justru membuat Anda lebih cepat lelah dan kehabisan tenaga untuk mengejan. Hal ini tentu dapat membuat proses persalinan menjadi lebih lama dan menyakitkan. Karenanya, jangan membuang tenaga yang tak perlu untuk mengeluh atau berteriak!

 

3. Bernapas Teratur 

Menarik napas dengan baik dan benar dapat mengurangi rasa sakit, serta menambah tenaga saat mengejan. Biasanya, dokter atau bidan akan memandu Anda untuk mengatur napas. Pelajari teknik bernapas dengan mengikuti senam hamil atau kelas persiapan persalinan. Jika sakit tak tertahankan saat kontraksi, lemaskan otot agar rileks, tarik napas panjang, dan hembuskan perlahan.

 



4. Buka Mulut 

Bukalah mulut sesering dan semampu Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menambah asupan oksigen, sehingga napas Anda menjadi lebih panjang.

 

5. Jangan Angkat Bokong 

Saat bersalin, sebaiknya jangan mengangkat bokong Anda. Hal ini dapat menyebabkan robekan perineum (daerah antara anus dengan vagina) menjadi lebih lebar, sehingga Anda memerlukan lebih banyak jahitan. Lemaskan panggul Anda saat mengejan!

 

6. Jangan Menahan Mengejan 

Saat proses persalinan, beberapa ibu menahan mengejan karena khawatir kotoran ikut keluar dari anus. Agar hal itu tidak terjadi, kosongkan usus Anda 24 jam sebelum persalinan. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: mengejan,   persalinan,   bersalin,   birth,   trik_mengejan,   tips_mengejan,  










Cover April 2020