Mother&Baby Indonesia
Belajar Sejarah Alam Raya di London

Belajar Sejarah Alam Raya di London







London, ibukota Britania Raya, adalah kota yang sangat menarik. Selain berbentuk kerajaan (siapa yang tidak tahu pasangan Pangeran William dan Kate Middleton, serta kedua anak mereka, Pangeran George dan Putri Charlotte?), kota ini memiliki daya tarik luar biasa bagi wisatawan mancanegara.

 

Namun, beberapa wisatawan mengatakan bahwa London adalah 'kota mahal'. Dengan kurs Rupiah ke Poundsterling, memang lumayan juga biaya di sana. Tetapi jangan khawatir, Moms, banyak tempat wisata gratis di London, dari taman sampai museum. Salah satu mom pembaca Mother&Baby, Icha, bersama Si Kecil, Anela Kaylea, 4, pun melakukan educational travel ke museum yang menarik bagi anak-anak, yaitu The Natural History Museum!



 

Paling Bergengsi
The Natural History Museum di London adalah museum sejarah alam paling bergengsi dan diakui di seluruh dunia. Museum yang terletak di Cromwell Road ini, buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.50. Di sini, Si Kecil dapat melihat spesimen makhluk hidup dan isi bumi. Jumlahnya sekitar 80 juta spesimen yang dibagi menjadi 5 bagian utama, yaitu botani, entomologi, mineralogi, palaeontologi, dan zoologi.

 

Museum ini juga sangat terkenal akan koleksi kerangka dinosaurus dan ornate architecture, atau yang sering disebut cathedral of nature. Ketika masuk ke ruang utama, Anda akan disambut oleh Dippy, kerangka seekor Diplodicus dan boleh berfoto di sana.

 

Selain itu, museum ini merupakan pusat penelitian yang dikhususkan pada bidang taksonomi, identifikasi, dan pelestarian. Banyak dari koleksinya yang memiliki nilai sejarah sekaligus nilai pendidikan yang tak ternilai harganya, seperti spesimen yang dikumpulkan oleh Bapak Teori Evolusi, Charles Darwin.



 

The Darwin Centre merupakan rumah Archie, seekor cumi-cumi raksasa berukuran 8 meter yang ditangkap hidup di dekat Falkland Islands pada 2004. Cumi-cumi ini dibekukan dan dimasukkan ke dalam kontainer khusus di dalam ruang bawah tanah di gedung itu.

 

Jadi Ilmuwan Cilik
Anda pasti amat terkejut melihat betapa besarnya museum ini. Yang pasti mereka memamerkan segala spesimen dalam ukuran aslinya. Tidak hanya itu, ada pula koleksi yang ditampilkan secara interaktif dengan robot-robot hewan, teknologi cahaya, dan laser.

 

Si Kecil dijamin akan merasa betah selama berada The Natural History Museum, sebab ia dapat ikut serta melakukan eksperimen dan melihat film-film dokumenter yang sangat menarik. Ada pula perpustakaan yang berisi koleksi buku, jurnal penelitian, serta manuskrip yang berhubungan dengan riset dan penelitian milik Scientific Departement. Tetapi, Anda perlu membuat janji terlebih dahulu untuk memasukinya. (FK/Sagar/DC/Dok. Pribadi)



Tags: anak,   balita,   london,   inggris,   liburan,   travelling,   the_natural_history_museum,   museum










Cover April 2020