Mother&Baby Indonesia
Moms, Inilah yang Terjadi pada Janin di Perut Anda!

Moms, Inilah yang Terjadi pada Janin di Perut Anda!

Pada tiap trimester, akan ada perubahan yang terjadi dalam kandungan Anda. Perubahan janin di perut Anda itu bisa dilihat melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). Dokter Dinda Derdameinsyah, Sp.OG, dari RSIB Asih, memberikan penjelasan mengenai apa saja yang bisa 'diterawang' dari kandungan Anda tiap trimesternya.

 

Trimester 1
Pada awal kehamilan, yang harus dilihat pertama kali adalah letak kantong kehamilan Anda. Pastikan letaknya berada di dalam rahim. Kantong kehamilan di luar rahim merupakan indikasi kehamilan tak bisa dilanjutkan. Memasuki usia kehamilan 7-12 minggu, Anda dapat melihat bagaimana bentuk janin dalam kandungan. Di usia ini, janin memang masih terlihat seukuran bola kelereng, tetapi Anda sudah bisa merasakan pergerakan dan memantau denyut jantungnya.



 

Trimester 2
Pada trimester ke-2, Anda bisa melihat lebih banyak perubahan yang terjadi. Letak plasenta menjadi salah satu yang paling penting dilihat saat pemeriksaan USG. Jika plasenta terganggu, makanan tidak dapat diterima dengan baik oleh janin.

 

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan jumlah air ketuban. Jika jumlahnya normal, dengan ketebalan sekitar 10-20 cm, tandanya keadaan janin Anda baik. Air ketuban memiliki fungsi yang sangat penting. Selain melindungi janin dari benturan, air ketuban juga melindungi tali pusat.

 

Perkiraan jenis kelamin bayi juga sudah bisa Anda lihat pada trimester ini. Anda juga bisa melihat dengan jelas bagaimana kondisi organ tubuh janin.

 

Trimester 3
Trimester ini merupakan fase untuk mempersiapkan persalinan. Proses persalinan yang akan Anda jalani bisa terlihat melalui pemeriksaan USG di trimester ini. Jika posisi kepala bayi sudah berada di bawah, Anda bisa melakukan persalinan normal. Selain itu, Anda juga perlu memantau tekanan darah dan letak tali pusat. Pastikan semua normal dan baik untuk mendukung persalinan Anda yang hanya tinggal hitungan hari saja. (DA/Aulia/DC/Dok. Mother&Baby)

 



Baca informasi lebih lengkap seputar kondisi janin selama kehamilan di Mother&Baby edisi April 2016!

 

Baca Juga:

Alergi Obat saat Hamil Berdampak pada Janin

Penyebab Pertumbuhan Janin Terhambat

Cara Menghitung Gerakan Janin

Nutrisi Ibu Hamil Pembentuk Otak Janin

Virus Zika Sebabkan Bayi Lahir Berkepala Kecil

Jangan Paksa Anak Tidur



Tags: kondisi_janin,   kehamilan,   ibu,   ibu_hamil,  








Cover Maret 2020