Mother&Baby Indonesia
Pendidikan Seks Masih Tabu

Pendidikan Seks Masih Tabu

Meski beberapa ahli mengungkapkan bahwa pendidikan seks sangat penting bagi anak, banyak orangtua yang memilih tidak membicarakannya, karena menganggapnya tabu. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga Amerika Serikat, negara bebas yang sepertinya tidak asing lagi untuk membahas seks. Survei terbaru menyatakan, 68 persen orangtua di sana tidak mau membicarakan seks dengan anaknya.

 

Survei tersebut dilakukan oleh situs CoupunCodes4u terhadap 2.305 orangtua. Hasilnya  mengungkapkan, 44 persen dari mereka menolak membahas seks dengan anaknya, karena topiknya dianggap memalukan. Sementara, 27 persen lainnya menolak, karena merasa hal itu bertentangan dengan ajaran agama, dan 11 persen yang lain tidak percaya dengan pendidikan seks.


Namun, ada lebih dari 50 persen orangtua yang tetap sepakat bahwa hal ini sangat penting. Hanya saja mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan saat membahasnya dengan anak-anak. Padahal, memberikan pendidikan seks justru menjadi mudah jika Anda sudah melakukannya sejak dini.


Saat Si Kecil masih balita, misalnya, Anda bisa mulai mengenalkan anggota tubuhnya. Saat ia menanyakan dari mana adik bayi berasal, Anda bisa menjelaskan dengan sederhana sesuai pemahamannya dan tidak harus detail. Berikanlah pendidikan seks sesuai dengan tahapan usianya, agar mereka tidak terjerumus dan selalu menjadikan Anda sebagai tempat paling tepat untuk berkonsultasi tentang seks. (Dina/DMO/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: seks,   pendidikan_seks,   anak,   balita,  








Cover Januari - Februari 2020