Mother&Baby Indonesia
5 Trik Melatih Emosi Si Kecil agar Tumbuh Bijaksana

5 Trik Melatih Emosi Si Kecil agar Tumbuh Bijaksana

Menurut Dr. Rose Mini, A.P, M.PSi, psikolog dari Universitas Indonesia yang akrab disapa Bunda Romi, setiap orangtua berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi kecerdasan emosi Si Kecil.

 



1. Ajarkan Si Kecil mengenal emosi dirinya dengan memahami dan mengomunikasikan emosinya kepada orang lain. Misalnya, saat ia menangis dan tertawa, Anda perlu bertanya mengapa ia menangis dan tertawa.

 

2. Anda perlu mengajarkan anak untuk mengontrol dirinya sendiri. Caranya dengan mengajarinya menyelesaikan masalah, mengekspresikan rasa kesal dengan tepat, dan mengatasi kekecewaannya.



 

3. Motivasi diri Si Kecil untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dan asah optimismenya untuk bisa melihat sisi positif dari segala peristiwa.

 

4. Berikan contoh perbuatan baik kepada Si Kecil dan libatkan ia dalam kegiatan sosial untuk meningkatkan rasa empati, serta mengenali emosi orang lain.

 

5. Latih keterampilan sosial anak dengan mengajaknya berdiskusi tentang berbagai hal dan berbagi dengan teman-temannya. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: melatih_emosi_anak,   balita,   perkembangan_emosi,   kecerdasan_emosi