Mother&Baby Indonesia
4 Manfaat Berkebun bagi Si Kecil

4 Manfaat Berkebun bagi Si Kecil

Apakah Anda termasuk ibu yang peduli lingkungan dan ingin berkontribusi di hari bumi pada 22 April nanti? Anda dapat melakukan kegiatan sederhana, tetapi seru bersama Si Kecil, yaitu berkebun. Selain bermanfaat bagi lingkungan, kegiatan tersebut juga akan mengajari banyak hal kepadanya lho, Moms, seperti:

 

1. Memahami sumber makanan



Si Kecil mulai banyak bertanya seputar makanannya? Daripada sekadar bercerita, lebih baik ajak ia menanam sayuran atau buah pilihannya. Selain dapat menyaksikan sendiri bagaimana 'makanannya' tumbuh, Si Kecil juga akan sangat menikmati momen memanen hasil kebun pertamanya.

 

2. Melatih kesabaran

Menanam membutuhkan proses yang tidak sebentar dan menuntut ketekunan. Ajak Si Kecil untuk rutin menyiram tanaman. Proses ini akan melatih kesabarannya dan memberi pelajaran mengenai pentingnya bertanggung jawab terhadap tanamannya.

 



3. Menumbuhkan percaya diri

Jelaskan kepada Si Kecil tujuan akhir dari proses menanam, yaitu berbuah atau berbunga. Setelah melalui proses panjang, tanaman yang berhasil berbuah atau berbunga akan membuat ia senang. Si Kecil akan merasa bahwa dirinya telah berhasil mencapai target yang diharapkan.

 

4. Mencintai alam

Ingin Si Kecil memiliki semangat cinta lingkungan? Berkebun adalah jawabannya. Setelah berhasil merawat tanaman hingga berbuah, ia akan merasakan manfaat dari menanam. Manfaat ini akan membuatnya memahami nilai dan pentingnya menanam, sehingga kecintaannya terhadap alam pun akan tumbuh. (Claudia Carla Sonia/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: hari_bumi,   hari_bumi_22_april,   ayo_ajak_si_kecil_berkebun,   manfaat_berkebun








Cover Maret 2020