Mother&Baby Indonesia
Malnutrisi, Penyebab Kematian Terbesar pada Anak

Malnutrisi, Penyebab Kematian Terbesar pada Anak

Tahukah Anda? Berdasarkan data WHO dan UNICEF, setiap tahun ada lebih dari sepertiga kematian anak di dunia yang berkaitan dengan masalah kurang gizi atau malnutrisi. Mengapa? Karena malnutrisi menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh terhadap penyakit. Ibu yang mengalami malnutrisi saat hamil atau anak mengalami malnutrisi di 2 tahun pertama, berpotensi mengalami keterlambatan pertumbuhan fisik dan mental.

 

Sebagian besar masalah malnutrisi diakibatkan oleh kurang makan. Penyebab utamanya adalah kemiskinan, tidak ada makanan, sakit yang berulang, kebiasaan pemberian makanan yang tidak tepat, dan riwayat kebersihan. Terlebih lagi ketika terserang penyakit seperti diare, anak yang kekurangan gizi akan semakin banyak kehilangan nutrisi dengan cepat. Hal itu pun membuat risiko kualitas kehidupan anak semakin berkurang.



 



Tidak sedikit pula anak yang mengonsumsi makanan tinggi kalori, namun tidak memerhatikan asupan nutrisi dan mikronutrien lainnya. Hal tersebut juga bisa dikelompokan ke dalam kekurangan gizi. Oleh karena itu, orangtua baik ayah maupun ibu wajib memastikan bahwa anak mereka mendapatkan makanan yang baik dengan pemberian menu yang sehat. (Gita/DC/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: malnutrisi,   kehamilan,   kurang gizi








Cover Januari - Februari 2020