Mother&Baby Indonesia
Jangan Panaskan Susu Sampai Mendidih!

Jangan Panaskan Susu Sampai Mendidih!

Susu mengandung berbagai unsur yang bermanfaat bagi tubuh. Namun jika salah mengolahnya, kandungan tersebut bisa hilang. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah ketika proses pemanasan  susu.

 

Saat Si Kecil sedang sakit, Anda mungkin ingin menyajikan susu hangat untuknya. Anda pun perlu memerhatikan cara yang benar saat memanaskan susu. Susu yang terlalu panas ternyata bisa menghilangkan kandungan baik yang terdapat di dalamnya.



 

“Sebaiknya, jangan memanaskan susu di atas 70o Celcius, apalagi sampai mendidih. Kalau sampai terlalu panas, kandungan B Complex yang ada di dalamnya bisa menghilang,” ujar Emilia Achmadi, ahli gizi. Senyawa B Complex memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan fungsi saraf, memproduksi energi, menjaga sistem pencernaan, serta menjaga kesehatan rambut dan kuku.



 

Saat memanaskan susu, ada baiknya Anda meletakkan termometer di atasnya. Setelah termometer menunjukkan angka 50o Celcius, Anda bisa langsung mematikan api. Hal ini berguna untuk menjaga keutuhan nutrisi yang terdapat di dalam susu. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: susu,   nutrisi,   anak,   kesehatan,   gizi










Cover Mei-Juni-Juli 2020