Mother&Baby Indonesia
Memelihara Hewan Dapat Meningkatkan Kehangatan Keluarga, Lho!

Memelihara Hewan Dapat Meningkatkan Kehangatan Keluarga, Lho!

Moms, memelihara kucing ternyata dapat meningkatkan kehangatan dalam keluarga Anda, lho. Menurut psikolog keluarga dan anak, Sani B. Hermawan, Psi, memiliki binatang peliharaan dapat membangun kedekatan emosional sebuah keluarga.

 

“Hewan peliharaan seperti kucing akan dianggap sebagai bagian dari anggota keluarga dan dapat membangun rasa mengasihi, sikap lebih perhatian, empati, serta menguatkan ikatan dalam membagi peranan antar anggota keluarga,” ucap Sani dalam acara Friskies Catventure.



 

Berdasarkan penelitian yang berjudul Creature Comforts: An Exploration of Pet Owners and Their Experiences of Wellbeing Gained Through Their Relationship with Their Companions Animal, Sani mengungkapkan bahwa memelihara kucing juga memiliki manfaat bagi anak-anak.



 

“Anak yang memelihara kucing atau hewan lainnya, memiliki self esteem lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Hal ini terjadi karena ia merasa bertanggung jawab dengan peliharaannya. Ia pun menjadi lebih ekspresif dan lebih bahagia. Ketika anak menyentuh bulu halus kucing, banyak pula emosi positif yang tersalur dan hal itu akan membangun kedekatan, rasa peduli terhadap hewan, dan meningkatkan ketenangan jiwanya,” jelas Sani. (Mutiara/DC/Dok. M&B)



Tags: manfaat_pelihara_kucing,   anak_pelihara_kucing,  








Cover Maret 2020