Mother&Baby Indonesia
Tanamkan Jiwa Cinta Lingkungan

Tanamkan Jiwa Cinta Lingkungan

Pernahkah Anda berpikir bagaimana nasib dunia di masa depan, bahkan 10 tahun mendatang bila hutan semakin gundul akibat penebangan liar pohon-pohon? Kerusakan alam yang semakin memprihatinkan ini tengah menjadi sorotan banyak pihak. Ratusan 'kampanye hijau' pun kini sibuk digalakkan oleh berbagai pihak, bahkan dalam kurun waktu setahun.

 

Semua memang perlu dimulai sejak dini, dari hal-hal kecil. Salah satu edukasi terkait yang bisa orangtua ajarkan kepada anak adalah mencintai lingkungan lewat pohon. Bahkan, pemerintah pun sempat mengadakan kampanye menanam 1.000 pohon.



 

Ya, kegiatan menanam ribuan pohon ini diharapkan dapat membantu untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Anda pun dapat mengajak Si Kecil berpartisipasi dalam kegiatan semacam ini.

 



Sebuah program bertajuk “Love Trees” yang pernah dilakukan oleh United Nations Environment Programme pada akhir 2009 lalu bahkan menyatakan, dibutuhkan 1 anak untuk menanam 1 pohon agar membuat dunia sedikit lebih hijau. Program tersebut mengajarkan cara penanaman pohon yang kuat dan unik.

 

Bermacam usaha memang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak-anak memiliki mental yang kuat dalam melakukan perubahan positif dan membantu membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, salah satunya dengan kegiatan menanam pohon. Anda pun tentu dapat mendidik anak Anda agar tumbuh menjadi pribadi yang mencintai lingkungan. Tidak hanya dengan menanam pohon, tetapi juga memelihara lingkungan secara konsisten. Bentuk nyata yang bisa diajarkan antara lain tidak membuang sampah sembarangan, bijak menggunakan kertas dan plastik, serta mengurangi pencemaran udara. Yang perlu diingat, Anda adalah 'role model' Si Kecil yang juga perlu memberikan contoh, bukan hanya mengajari. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: tanamkan jiwa cinta lingkungan,   kampanye hijau,   kampanye 1.000 pohon