Mother&Baby Indonesia
Melatih Kemandirian Anak Usia 6-36 Bulan

Melatih Kemandirian Anak Usia 6-36 Bulan

Sebagai bekal untuk masa depan, Anda harus melatih kemandirian Si Kecil sesuai tahapan usianya. Apa saja yang perlu Anda lakukan?

 

6-12 Bulan



Begitu memasuki usia MPASI, motorik halus Si Kecil semakin berkembang. Saat makan, ia akan berusaha memegang sendoknya sendiri. Saat memakai dot, ia akan memegangnya dengan kuat dan mampu menariknya dari mulut ketika susu sudah habis. Untuk menstimulasi kemampuannya, sediakan perlengkapan yang memudahkan Si Kecil makan sendiri. Letakkan alas di bawah piring makannya, pilih mangkuk makan yang cekungannya dalam agar makanan tak mudah tumpah, dan berikan perlengkapan makan yang pas dengan ukuran tangan, serta dan mulutnya.



12-18 Bulan
Saat Anda memakaikan Si Kecil baju, ia kerap menepis tangan Anda dan ingin mengaitkan kancingnya sendiri. Karena itu, berikan ia baju yang mudah dibuka dan dipakai. Celana berpinggang karet, baju, dan sepatu yang memakai kancing besar dapat menjadi pilihan, agar Si Kecil lebih mudah memakai dan melepaskannya. Di usia, ia juga sudah semakin ahli memegang peralatan makannya, meski masih sering kesulitan memasukkan sendok ke mulut. Tidak apa-apa, biarkan Si Kecil mencoba hingga berhasil.

 

19-24 Bulan
Si Kecil mulai tertarik untuk toilet training. Ia akan memberi tahu Anda saat ingin buang air besar atau kecil. Ia juga akan langsung membuka celananya dan berlari ke toilet atau potty-nya. Ajarkan Si Kecil mencuci dan mengeringkan tangannya dengan benar setelah buang air. Tunjukkan caranya dan ingatkan kapan ia harus melakukannya. Pastikan toilet aman untuk Si Kecil, misalnya dengan meletakkan karet pengaman di lantai atau dudukan toilet agar ia tidak terperosok.

 



25-30 Bulan
Pada usia 25-30 bulan, Si Kecil mulai ingin melakukan segala hal sendiri. Ia bahkan ingin menggosok giginya sendiri. Meski belum bisa menggosok gigi dengan benar, berikan kesempatan padanya untuk mencoba. Katakan dengan lembut bahwa Anda ingin melihat hasilnya, kemudian pujilah, dan minta izin kepadanya untuk menggosoknya lagi. Katakan kepadanya bahwa hasil gosokannya sudah bersih, namun Anda ingin membuatnya semakin bersih.



31-36 Bulan
Semua hal ingin dilakukan Si Kecil sendiri dan ia pun gemar membantu Anda. Dorong ia untuk melakukan semua hal itu sebaik mungkin. Jika ia menumpahkan makanan ke lantai, ingatkan untuk mengambil lap dan membersihkannya bersama-sama. Saat ia membantu Anda, puji dengan tulus.

 

Untuk melatihnya menjadi lebih mandiri, terapkan rutinitas seperti menggosok gigi setelah sarapan, cuci tangan sebelum makan, atau berganti pakaian sebelum tidur. Agar lebih menyenangkan, jadilah kreatif misalnya dengan menempel langkah-langkah mencuci tangan di wastafel yang memiliki gambar dan warna-warni menarik. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: milestone,   usia,   perkembangan,   kemandirian,   mandiri,   anak,   anak_mandiri,   tumbuh_kembang








Cover Januari - Februari 2020