Mother&Baby Indonesia
Bayi Ternyata Bisa Galak, Lho!

Bayi Ternyata Bisa Galak, Lho!

Di usia 0-1 tahun, bayi sudah bisa melakukan tindakan kasar meski tidak terlalu menyakitkan. Tindakan-tindakan yang biasa ia lakukan adalah menjambak rambut, mencubit hidung, menarik telinga, menggigit saat disusui, dan mengibaskan tangan seperti hendak memukul.

 

Walaupun Anda sedih dengan perilakunya, sadarilah kalau Si Kecil membutuhkan kesempatan untuk mengekspresikan dan membela diri. Ia sama sekali tidak bermaksud menyakiti atau mengganggu orang yang ia cintai. Ia hanya berupaya menjelajahi hal-hal di sekitar melalui indra yang dimilikinya. Si Kecil sedang belajar bagaimana dunia sekitarnya bekerja, salah satunya dengan melakukan hal-hal kasar tersebut.



 

Lakukan ini, yuk!
Melalui buku Young Children's Behaviour, dr. Louise Porter mengatakan, apabila Si Kecil melakukan tindakan agresif seperti di atas, sebaiknya segera redakan. Sebagai contoh, ketika ia menggigit, katakan kepadanya bahwa gigi digunakan untuk mengunyah dan berikan sesuatu yang bisa ia kunyah. Meski Si Kecil masih belum memahami, setidaknya hal tersebut dapat meredakan tingkahnya. (Sagar/MF/DC/Dok. Mother&Baby)

 



Untuk mengetahui milestones perilaku agresif Si Kecil, cek di majalah Mother&Baby Indonesia edisi April 2016 ya, Moms!

 

Baca juga: Menghadapi Tantrum Anak Sebelum Tidur



Tags: bayi,   bayi_galak,   bayi_tantrum,   bayi_agresif,   milestones_bayi