Mother&Baby Indonesia
Perkembangan Saluran Pencernaan Bayi Sesuai Tahapan Usianya

Perkembangan Saluran Pencernaan Bayi Sesuai Tahapan Usianya

Dokter Muzal Kadim, Sp.A (K), dari divisi gastrohepatrologi, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, mengatakan, saluran cerna merupakan salah satu organ penting yang berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, serta imunitas anak. Saluran pencernaan manusia sendiri mulai terbentuk sejak ia masih berupa embrio di usia 4 minggu. Saluran tersebut perlahan mencapai kesempurnan ketika bayi menginjak usia 6 bulan. Yuk, kenali perkembangan saluran pencernaan Si Kecil secara lebih rinci!

 

0-3 Bulan



 

Pada 3 bulan pertama, beberapa enzim belum terbentuk sempurna, sehingga makanan yang dapat diberikan terbatas pada ASI atau formula. Namun, enzim laktase yang berfungsi untuk memecah gula susu (laktosa) juga belum terbentuk sempurna, sehingga beberapa bayi terkadang mengalami intoleransi laktosa.



 

4-6 Bulan

Di usia 4-6 bulan, enzim pencernaan biasanya sudah terbentuk sempurna. Bayi juga sudah bisa mengoordinasikan otot-otot menelan di dalam rongga mulut. Meski begitu, makanan padat tetap harus diberikan secara bertahap, dengan tekstur yang semakin lama semakin padat sesuai tahapan usia bayi. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: milestone,   tahapan,   tahapan_tumbuh_kembang,   tumbuh_kembang,   pencernaan,   saluran_cerna,   saluran_cerna