Mother&Baby Indonesia
Trik Membuang Ingus Si Kecil

Trik Membuang Ingus Si Kecil

Si Kecil sedang flu? Yuk, bantu ia mengeluarkan lendir atau ingus dari dalam hidungnya agar bisa kembali bernapas lega dengan cara:

 

  • Gunakan larutan garam murni atau obat tetes NaCl fisiologis 0,9 persen untuk mengencerkan lendir. Larutan ini berfungsi melembapkan selaput dalam saluran pernapasan Si Kecil dan melancarkan sumbatan hidung.

 



  • Sedot ingus Si Kecil menggunakan penyedot ingus atau nasal aspirator. Sebelum dipakai, sterilkan terlebih dahulu ujung atau bagian pipet yang akan dimasukan ke hidungnya.

 



  • Pijat lembut bagian hidung Si Kecil untuk membantu ingus keluar dengan mudah. Hati-hati saat membersihkannya, gunakan handuk hangat atau cotton bud basah untuk menghindari iritasi.

 

  • Jika usia anak sudah cukup besar, Anda bisa memeragakan cara membuang ingus agar dicontoh olehnya. Ajarkan untuk membuang ingus bergantian melalui salah satu lubang hidung. Ingatkan kepada Si Kecil untuk tidak membuang ingus terlalu keras, karena akan membuat telinganya terasa sakit. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   tips_buang_ingus,   hidung,   saluran_napas