Mother&Baby Indonesia
Keluhan Umum yang Dialami Ibu Hamil

Keluhan Umum yang Dialami Ibu Hamil

Saat hamil, Anda mungkin mengalami sejumlah keluhan. Perubahan hormon dan kenaikan berat badan menjadi faktor penyebab munculnya keluhan pada ibu hamil. Keluhan yang terjadi biasanya hanya masalah ketidaknyamanan. Kenali keluhan selama kehamilan berikut, agar Anda bisa menanganinya.

 

1. Kram
Kram otot biasanya dirasakan bumil pada paha, betis, atau kaki. Bisa juga diikuti rasa sakit di seluruh tubuh. Umumnya, kram ini akan sering dialami pada trimester ke-3. Biasanya, kram disebabkan oleh kadar kalsium yang rendah dalam darah.



 

Selain itu, bisa juga terjadi karena Anda kekurangan garam dalam tubuh. Untuk mengatasinya, lakukan pijatan di area yang mengalami kram dengan sedikit tekanan. Regangkan telapak kaki ke atas dan tekan area tumit. Namun, konsultasikan ke dokter jika terlalu sering terjadi.

 

2. Sakit Punggung
Keluhan ini termasuk yang paling sering dialami ibu hamil. Sakit punggung sering dirasakan dalam bentuk ketidaknyamanan di punggung bawah, yang terkadang disertai rasa sakit pada bokong dan kaki. Biasanya, akan timbul ketika berdiri terlalu lama dengan posisi yang salah, atau setelah mengangkat sesuatu yang berat, khususnya di trimester- 3.

 

Hal tersebut terjadi karena jumlah hormon progesteron yang tinggi akan melembutkan ligamen pada tulang panggul dan punggung, hingga memberi tekanan ekstra pada sambungan pinggul dan tulang belakang. Cara mengurangi sakit punggung bisa dengan melakukan pemijatan. Lakukan pula latihan untuk memperkuat tulang belakang. Ada juga bisa menggunakan kasur yang agak keras.



 

3. Mual
Anda bisa saja merasa pening dan mual, yang terkadang disertai muntah. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja, tetapi umumnya mual akan terjadi ketika Anda tidak makan untuk waktu yang lama atau setelah tidur malam. Rasa mual paling sering muncul di trimester pertama. Penyebab utamanya adalah rendahnya gula darah dan hormon kehamilan yang dapat mengiritasi lambung.

 

Untuk mengatasinya, bumil sangat dianjurkan untuk makan dalam jumlah yang sedikit dan sering. Hindari gorengan dan kopi yang bisa memicu mual. Simpan juga permen jahe di tas Anda, agar bisa dikonsumsi sewaktu-waktu saat merasakan mual. (DA/Aulia/DC/Dok. M&B)

 

Ketahui sejumlah keluhan lainnya yang biasa terjadi saat hamil, di Mother&Baby edisi Maret 2016!



Tags: keluhan_kehamilan,   gejala_kehamilan,   ibu_hamil,   hormon_kehamilan,   masalah kehamilan,   perubahan saat