Mother&Baby Indonesia
3 Pola Asuh Anak di Jepang yang Patut Anda Tiru!

3 Pola Asuh Anak di Jepang yang Patut Anda Tiru!

Moms, Jepang ternyata memiliki pola pengasuhan anak yang cukup baik, lho! Menurut psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Anda dapat meniru pola asuh tersebut, namun tetap disesuaikan dengan budaya Indonesia. Apa saja yang bisa Anda tiru?

 

1. Disiplin
Anak-anak di Jepang sangat disiplin. Selain ajaran disiplin dari keluarga, mereka juga mendapatkannya dari lingkungan sekitar, seperti sekolah, tetangga, dan lain-lain. Orang Jepang percaya bahwa mengajarkan disiplin kepada anak-anak tidak sulit, asalkan lingkungan sekitarnya juga mendukung.

 

2. Bonding yang Kuat

Di Jepang, jarang sekali ada keluarga yang memiliki pengasuh. Sang Ibu sendirilah yang mengurus anaknya sejak lahir hingga dewasa. Bonding atau kelekatan antara anak dan ibu sangat penting di 2 tahun pertama kehidupannya. Dengan selalu dekat dengan anak, maka akan timbul rasa percaya yang dalam kepada Sang Ibu. Rasa percaya itu pun membuat Si Kecil lebih berani untuk berinteraksi.

 

3. Mandiri

Anak-anak SD di Jepang sudah bisa berangkat ke sekolah sendiri. Dan sebelum berangkat sekolah, mereka mempersiapkan segalanya sendiri, seperti menyiapkan peralatan sekolah, mandi sendiri, dan lain-lain. Anak-anak di Jepang pun sudah diajarkan untuk melakukan segala kemandirian, seperti toilet training dan merapikan mainan sendiri. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: pola_asuh_anak,   disiplin,   bonding,   mandiri








Cover Maret 2020