Mother&Baby Indonesia
Menggali Potensi Anak

Menggali Potensi Anak

Anak adalah tunas bangsa. Untuk itu Anda sebagai orangtua berperan besar dalam menggali potensi Si Kecil sejak ia masih balita. Menurut Jennifer Fox, pengarang buku Your Child's Strengths: Discover Them, Develop Them, Use Them, ada lima cara yang bisa dilakukan, yaitu :

 

Perhatikan Cara Si Kecil Bermain
Saat Si Kecil bermain, Anda bisa melihat potensinya. Apakah ia lebih gemar bersosialisasi bersama teman-temannya atau tidak suka terlibat dalam sebuah kelompok? Apakah ia lebih suka menggambar, bermain dengan gadget, atau riang bersama sepedanya? Dengan memerhatikan secara seksama cara bermain Si Kecil, Anda pun mampu menemukan potensi yang ada di dalam dirinya.



 

Bebas Memilih
Kebanyakan orangtua mendaftarkan Si Kecil ke dalam berbagai aktivitas, misalnya klub sepak bola, les berbagai alat musik, dan sebagainya. Namun apakah kegiatan-kegiatan tersebut adalah yang diinginkan Si Kecil? Orangtua harus memberikan kebebasan ia memilih aktivitas apa yang diminati Si Kecil agar potensinya dapat tergali dengan baik.

 

Dukung Ketertarikan Si Kecil
Walaupun Anda berpikir main video games tidak akan memberikan manfaat bagi Si Kecil, namun siapa tahu ternyata ia memiliki potensi di bidang grafis, animasi atau menjadi problem solver yang bisa dikembangkan melalui bermain game, Moms? Jadi, selalu dukung ketertarikan Si Kecil dalam bidang apapun, tetapi beri arahan supaya setiap bidang yang ia geluti menghasilkan sesuatu yang positif.



 

Mengapresiasi Potensi Si Kecil
Jika Si Kecil sedang fokus terhadap sesuatu, jangan melarang atau menyuruhnya melakukan kegiatan yang lain. Sebab, bisa jadi ia sedang menggali potensinya. Selalu berikan apresiasi positif saat Si Kecil sedang melakukan sesuatu yang disukainya. Satu larangan yang Anda sampaikan sangat mampu mematikan kreasi Si Kecil.

 

Jangan Egois
Sebaiknya Anda tidak memaksakan Si Kecil menjadi atau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan Anda. Hargai dirinya sebagai pribadi yang bebas untuk mewujudkan keinginannya sendiri. Percayalah, Si Kecil mampu membuat keputusan terbaik bagi dirinya sendiri sehingga dapat mengasah potensinya secara maksimal. (DC/Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   potensi_anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020