Mother&Baby Indonesia
Trik Menurunkan Berat Badan 4 Minggu setelah Melahirkan

Trik Menurunkan Berat Badan 4 Minggu setelah Melahirkan

Hal yang paling 'mengganggu' ibu baru biasanya adalah bentuk tubuh yang berubah. Apa daya, kesibukan mengurus Si Kecil membuat Anda merasa tidak memiliki waktu lagi untuk memerhatikan diri sendiri. Namun menurut Laura, seorang trainer dari Future Perfect, sebetulnya tidak sulit mengembalikan tubuh Anda seperti semula. Dan, semuanya dapat Anda lakukan secara bertahap sejak 4 minggu pasca persalinan. Ini tipsnya:

 

Latihan Ringan



 

Di sela mengurus Si Kecil, Anda bisa latihan mengencangkan otot panggul. Tahan otot panggul seperti mau buang air kecil sekitar 10 detik. Lakukan 10-20 kali setiap hari. Anda juga bisa mengajak Si Kecil jalan-jalan setiap pagi. Gendong ia dan berjalanlah dengan kecepatan sedang namun konsisten, setiap 3 kali seminggu dengan durasi 30-40 menit. Anda juga bisa berenang minimal 30 menit selama 3 kali seminggu. Jika Anda berenang dengan cepat, hasilnya sama seperti melakukan aerobik, Moms!





Atur Pola Makan
Pilihlah makanan yang bergizi lengkap, terutama jika Anda masih menyusui. Selain itu, Anda juga harus minum air putih minimal 8 gelas sehari, karena dehidrasi dapat memperlambat turunnya berat badan. Jika ingin mengonsumsi camilan, pilih yang direbus dan kadar gulanya rendah. Anda juga dapat berjalan kaki rutin selama 30 menit untuk membakar 150-200 kalori setiap harinya. Lakukan 4 kali seminggu, agar hasilnya cepat terlihat.

 

Konsumsi Buah dan Sayur
Jika perut belum kembali seperti semula, tidak perlu minder. Pilih pakaian yang nyaman dan tambahkan aksesori agar penampilan Anda lebih trendi. Mengganti gaya rambut juga boleh, lho. Perbanyak konsumsi buah untuk pengganti camilan dan jangan lupa selalu menyajikan sayur dalam menu makanan Anda, ya!


Pantau Berat Badan
Pantau selalu berat badan sebagai pengingat Anda agar tidak kebablasan. Jadikan angka pada timbangan sebagai motivasi diet Anda. Namun, Anda harus realistis dan jangan terlalu menekan diri Anda untuk memiliki berat badan seperti sebelum hamil. Buat target yang tidak berat, misalnya turun 1 kilo dalam seminggu. Usahakan untuk menemukan partner diet sesama ibu baru, agar bisa saling memotivasi. Semangat, Moms! (NK/Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: melahirkan,   persalinan,   tubuh_pasca_persalinan,   bentuk_tubuh,   mengembalikan_bentuk_tubuh










Cover Mei-Juni-Juli 2020