Mother&Baby Indonesia
9 Kunci Keberhasilan dalam Menyusui

9 Kunci Keberhasilan dalam Menyusui

Sambil menunggu kelahiran Si Kecil, tidak ada salahnya jika Anda sudah mempersiapkan segala kebutuhannya nanti. Termasuk, kebutuhan untuk mendapatkan ASI eksklusif. Untuk itu, ketahui kunci keberhasilan dalam menyusui berikut ini yuk, Moms!

 

1. Persiapkan payudara
Perawatan payudara secara optimal selama kehamilan dan di masa menyusui sangat diperlukan. Anda bisa memulainya dengan memakai maternity bra dan nursing bra yang tepat. Selain itu, seringlah membersihkan payudara dan bila perlu, pijat payudara untuk menunjang keberhasilan menyusui.



 

2. Perluas pengetahuan tentang ASI dan cara menyusui
Ada baiknya sebelum melahirkan, Anda mengikuti kelas mengenai pelaksanaan menyusui. Kelas ini biasanya diselenggarakan oleh pihak rumah sakit atau lembaga pro-ASI.

 

3. Lingkungan yang mendukung
Cari atau ciptakan lingkungan yang mendukung kegiatan menyusui bayi. Dari suami, orangtua, keluarga besar, teman, hingga rekan kerja. Anda juga bisa mulai mencari dukungan untuk menyusui dengan menjadi pengikut akun media sosial yang memberikan edukasi dan dukungan menyusui.

 

4. Rumah bersalin yang tepat
Cari dan pilih rumah sakit yang 'sayang bayi' sebagai tempat untuk persalinan Anda nanti. Cek apakah rumah sakit tersebut menerapkan 10 langkah menuju keberhasilan ASI.

 

5. Tenaga kesehatan pro ASI



Selain tempat bersalin, Anda juga perlu memerhatikan tenaga kesehatan yang mendukung ASI eksklusif. Pilih dokter anak yang pro ASI dan memiliki pengetahuan baik mengenai ASI. Dokter anak tersebut sebaiknya juga bekerja sama dengan konsultan laktasi.

 

6. Klinik dan konsultan laktasi
Catat nomor telepon klinik laktasi atau konsultan laktasi. Hal ini akan sangat membantu Anda jika sewaktu-waktu memerlukan informasi tentang menyusui. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas yang mendukung ibu menyusui.

 

7. Percaya diri
Kunci keberhasilan dalam menyusui adalah rasa percaya diri. Selama 9 bulan, tubuh Anda telah dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi. Anda harus percaya bahwa persiapan tersebut termasuk mempersiapkan payudara untuk menghasilkan ASI bagi bayi.

 

8. Komitmen
Dengan berkomitmen memberikan ASI eksklusif, Anda akan terdorong untuk menempuh segala cara dalam mengatasi kesulitan-kesulitan menyusui.

 

9. Cinta
Cinta juga menjadi rahasia yang harus Anda miliki saat menyusui. Rasa cinta yang Anda berikan secara tulus dapat membantu Anda untuk meningkatkan hormon yang melancarkan produksi ASI. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: asi_club,   keberhasilan_menyusui,   bayi,   asi










Cover April 2020