Mother&Baby Indonesia
Moms, Hentikanlah Kebiasaan Membawa Pulang Pekerjaan Kantor!

Moms, Hentikanlah Kebiasaan Membawa Pulang Pekerjaan Kantor!

Di tengah pekerjaan kantor yang menumpuk, Anda mungkin akan merasa kekurangan waktu. Anda pun tergerak untuk membawa pulang pekerjaan tersebut ke rumah. Hantikan kebiasaan tersebut, Moms! Anda membutuhkan pergantian suasana dan waktu yang berkualitas di kehidupan Anda. Meninggalkan pekerjaan di kantor justru bisa membuat Anda lebih produktif dalam bekerja. Lakukan 4 tips berikut agar Anda berhenti membawa pekerjaan ke rumah!

 

1. Kerja lebih keras sesuai jam kerja
Jangan pernah khawatir jika Anda dituntut bekerja lebih keras di kantor. Itu berarti Anda juga harus bisa menuntut diri sendiri. Hal ini penting agar pekerjaan Anda bisa selesai sebelum jam pulang kerja. Untuk beradaptasi dengan kebiasaan ini, coba lebih fokus tanpa banyak bercanda dan mengobrol dengan teman kerja. Buktikan bahwa Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dari sebelumnya. Dengan begitu, waktu kerja Anda di kantor pun menjadi lebih efektif.



 

2. Jauhkan berkas atau laptop dari jangkauan Anda
Jika Anda terbiasa membawa pulang pekerjaan, sampai waktu tidur Anda berkurang, mulai sekarang, biasakan untuk mematikan laptop, menjauhkan berkas-berkas, dan tidak mengecek e-mail sepulang kerja. Biasakan untuk tidak mencemaskan pekerjaan yang mungkin saja datang. Ini merupakan cara agar Anda tegas dan fokus terhadap situasi rumah, seperti mengurus keluarga dan menghabiskan waktu bersama Si Kecil.

 



3. Cari hobi dan kegiatan lain
Bagi wanita karier, sangat penting untuk memiliki hobi dan kesibukan lain di samping pekerjaan kantor. Alihkan perhatian Anda dari tekanan pekerjaan dengan melakukan hobi yang menyenangkan. Coba cari informasi mengenai kegiatan-kegiatan di sekitar rumah, seperti gym atau aktif menulis blog pribadi.

 

4. Membatasi diri
Jika Anda sama sekali tidak bisa mengendalikan tugas kantor, itu berarti pekerjaan Anda memang di luar kemampuan. Diskusikan dengan rekan kerja dan atasan Anda mengenai sistem kerja, serta beban kerja yang Anda miliki. Jika pekerjaan Anda sudah banyak dan masih diminta untuk melakukan tugas tambahan, Anda harus berani menolak dan mengatakan, "Tidak!" Tetapi, jangan sampai Anda menolak tanpa ada alasan jelas ya, Moms! (Deonisia/DC/Dok.Freedigitalphotos/Nenetus)



Tags: career_mom,   bekerja,   kebiasaan_membawa_pekerjaan_pulang,   tips,   bussines_woman,   pekerjaan,   rumah_tang