Mother&Baby Indonesia
3 Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Yoga

3 Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Yoga

Salah satu aktivitas fisik atau olahraga yang saat ini sedang digemari adalah yoga. Namun, banyak orang yang belum mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan yoga, seperti berikut ini.

 

1. Jangan Terlalu Kenyang



Menurut salah satu instruktur yoga dari Celebrity Fitness FX Jakarta, Ansori, yoga sebaiknya tidak dilakukan dalam keadaan terlalu kenyang. “Makan boleh, karena bagaimana pun kita harus memiliki tenaga saat melakukan yoga. Tetapi, usahakan jangan sampai terlalu kenyang,” ungkap Ansori saat diwawancarai tim Mother&Baby Indonesia.

 

2. Ikuti Gerakan dengan Benar
Anda perlu melakukan gerakan yoga dengan benar, terutama saat stretching. “Pada dasarnya, urutan gerakan yoga sudah termasuk stretching, yang biasanya dilakukan di awal. Karena itu, sebaiknya Anda melakukan gerakan yoga dengan sungguh-sungguh sesuai dengan instruksi yang diarahkan, apalagi gerakan-gerakan awal. Hal itu berguna untuk menghindari risiko cedera selama yoga,” tambah Ansori.



 

3. Kondisi Fisik
Hal yang juga perlu diperhatikan adalah kondisi fisik saat hendak melakukan yoga. Apakah Anda dalam keadaan sakit, flu, atau sedang mengalami cedera pada tubuh. Semua harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan instruktur yoga.

 

“Intinya, melakukan yoga tidak boleh dipaksakan! Kondisi fisik setiap orang berbeda, maka disesuaikan saja dengan kemampuan saat yoga, terutama jika sedang cedera. Jangan asal melakukan gerakan, karena bisa berakibat fatal. Untuk ibu hamil yang ingin melakukan yoga, perlu konsultasi terlebih dahulu ke dokter demi keamanannya,” jelas Ansori. (Aulia/DC/Dok. Mother&Baby)



Tags: yoga,   hal_penting,   sehat,   olahraga,   gerakan_yoga,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020