Mother&Baby Indonesia
Belanja Bijak (2): Cara Menghadapi Dilema

Belanja Bijak (2): Cara Menghadapi Dilema

Sebagian besar ibu mengaku bahwa mereka selalu mengalami dilema untuk membeli barang-barang yang tidak perlu saat sedang berbelanja. Meski setelah itu selalu ada penyesalan, mereka tetap mengulanginya terus. Hingga, sifat boros dan konsumtif pun tidak dapat dihindarkan lagi. Menurut survei M&B, ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan dilema di dalam diri ibu saat berbelanja, seperti:

 



Sale atau Diskon
Jangan cepat tergoda saat melihat barang sale atau diskon! Anda harus tetap jeli dan cermat, sebab tidak semua barang yang ditawarkan itu dalam kondisi bagus dan kebanyakan merupakan stock lama, sehingga modelnya pun sudah ketinggalan. Sebelum memutuskan membeli coba tanyakan kembali pada diri Anda apakah benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak. Kalau tidak lebih baik Anda segera meninggalkan toko tersebut supaya tidak semakin tergoda.



 

Sifat Impulsif 
Impulsif dalam berbelanja berarti sifat tidak bisa menahan diri ketika melihat suatu barang yang menarik dan segera membelinya tanpa pikir panjang. Jika Anda memiliki sifat seperti ini, sebaiknya kurangi kebiasaan window shopping karena hal itu akan membuat Anda lebih sering tergoda. Mintalah bantuan asisten rumah tangga atau orang lain untuk berbelanja jika memungkinkan, misalnya belanja bulanan. Anda cukup membuatkan daftar belanja yang dibutuhkan dan mereka pasti akan mematuhi daftar tersebut dibanding Anda sendiri. 

 

Belanja dengan Si Kecil
Berbelanja dengan Si Kecil merupakan salah satu yang dapat membuat Anda lebih boros. Pasti ada saja godaan untuk mengajaknya makan di restoran atau bermain di area permainan yang tersedia, apalagi kalau ia mulai terlihat bosan dan rewel. Jjika kondisi memungkinkan sebaiknya hindari berbelanja dengan membawa Si Kecil atau kalau memang harus mengajaknya, bawalah makanan dan mainan dari rumah agar lebih hemat. (Dina Christin/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: belanja,   shopaholic,   diskon,   sale,   wanita