Mother&Baby Indonesia
Syarat Menjadi Pendonor Darah

Syarat Menjadi Pendonor Darah

Donor darah merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela. Darah itu kemudian disimpan di bank darah dan akan digunakan untuk transfusi darah. Proses donor darah yang hanya memakan waktu sekitar 10 menit ini sangat berguna untuk menyelamatkan nyawa sesorang.


Palang merah Australia menekankan, 80% orang Australia suatu saat akan membutuhkan transfusi darah pada hidup mereka. Namun, kenyataannya hanya 3% saja yang menyumbang darah setiap tahunnya.


Padahal, jika semua orang sehat secara rutin mendonorkan darahnya sebanyak 3 kali saja setahun, kasus kekurangan stok darah pasti tidak akan terjadi. Untuk dapat menyumbangkan darah, seorang pendonor darah harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut.




1. Berusia antara 17-60 tahun, memiliki berat badan minimal 45-50 kg dengan kadar hemoglobin >12,5 gr%, serta tekanan darah 100-150 (sistole) dan 70-100 (diastole).



2. Tidak mengalami gangguan pada pembeku darah dan lulus pengujian kondisi berat badan, hemoglobin, golongan darah, serta pemeriksaan oleh dokter.


3. Tidak dalam keadaaan sakit, bukan alkoholik dab tidak menderita hepatitis, diabetes militus, epilepsi ataupun memiliki risiko tinggi menderita AIDS. Pendonor juga tidak sedang mengalami sakit seperti demam atau influensa, baru mencabut gigi kurang dari 3 hari, pernah menerima transfusi darah kurang dan menggunakan tato kurang dari setahun, menindik, atau akupunktur. Wanita hamil dan sedang menyusui pun dilarang melakukan donor darah. (Aulia/dok.freedigitalphotos)



Tags: syarat donor,   donor darah








Cover Januari - Februari 2020