Mother&Baby Indonesia
Anak dengan Epilepsi juga Bisa Berprestasi!

Anak dengan Epilepsi juga Bisa Berprestasi!

Epilepsi merupakan penyakit neurologi menahun yang bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk anak-anak. Penyakit ini sebenarnya bisa disembuhkan, sehingga penderitanya dapat tumbuh dewasa dan menggapai cita-cita yang diimpikan.

 

Menurut dr. Irawaty Hawari, Sp.S, Ketua Yayasan Epilepsi Indonesia, epilepsi pada dasarnya tidak berhubungan dengan IQ. Sebagian besar Orang Dengan Epilepsi (ODE) justru mempunyai IQ di atas rata-rata. Oleh karena itu, penting bagi para ODE untuk mengenali potensinya agar bisa berprestasi. Aska Primardi, praktisi psikologi, yang juga pernah menderita epilepsi menyebutkan, ada 3 hal yang dapat dilakukan keluarga untuk mendukung anggota keluarganya yang epilepsi. 



 



“Pertama, keluarga patut memberikan dukungan langsung dengan membantu penyediaan obat anti-epilepsi. Ke-2, keluarga harus mencari informasi yang berguna untuk kesehatan kerabatnya. Terakhir, penderita epilepsi membutuhkan dukungan emosional yang dapat meyakinkan dirinya pantas untuk bersosialisasi, sehingga rasa malu, tidak mampu, dan terbelakangnya pun akan hilang,” ujar Aska di acara seminar untuk mendukung penyandang epilepsi pekan lalu. (Mutiara/DC/Dok. Mother&Baby)



Tags: epilepsi,   health,   kesehatan,   anak,