Mother&Baby Indonesia
Ini Alasan Mengapa Si Kecil Harus Diimunisasi

Ini Alasan Mengapa Si Kecil Harus Diimunisasi

Sebagian besar dari Anda, mungkin belum mengerti benar apa manfaat imunisasi dan bagaimana cara kerjanya dalam tubuh seseorang. Dan karena imunisasi bersifat pencegahan, tidak sedikit pula orangtua yang justru khawatir akan efek samping yang bisa terjadi. 

 

Suatu vaksin diberikan untuk merangsang sistem imun tubuh dalam memproduksi antibodi terhadap virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi tertentu. Jika suatu saat Si Kecil terpapar infeksi tersebut secara alami, antibodi yang sudah terbentuk akan mengenali dan menyerang kuman yang masuk. Ia pun akan terlindungi dari penyakit yang ditimbulkan. Dan meskipun ia terkena penyakit tersebut, risikonya tidak akan separah anak yang belum diimunisasi.



 



Untuk infeksi yang ditularkan dari orang ke orang, imunisasi mampu mengurangi risiko mewabahnya suatu penyakit. Hal ini terjadi karena lebih sulit bagi infeksi untuk menular dan mencapai orang-orang yang telah diimunisasi. Proses ini disebut sebagai imunitas kelompok. Jika banyak orangtua yang memutuskan menolak imunisasi untuk anak-anaknya, risiko mewabahnya penyakit pun akan meningkat. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: imuniasi,   kesehatan,   kesehatan_anak,   penyakit,   health_news,   vaksinasi,   cara_kerja_imunisasi










Cover April 2020