Mother&Baby Indonesia
Hati-Hati Bersikap, Anak Gemar Meniru Perilaku Orangtua!

Hati-Hati Bersikap, Anak Gemar Meniru Perilaku Orangtua!

Peran orangtua sangat diperlukan dalam membesarkan anak hebat. Harus diingat bahwa anak akan meniru berbagai perilaku dan kebiasaan orangtua, ekspresi dan emosi yang ditampilkan, serta respons terhadap lingkungan sosial. Semua itu akan menjadi contoh bagi anak dalam menjalani kehidupan.

 

Menurut psikolog Roslina Verauli, M.Psi, banyak riset menunjukkan, anak lebih mudah meniru figur orang dewasa yang dirasa konsistem, alias tidak ada perbedaan antara ucapan dengan apa yang ditampilkan. Untuk itu, orangtua perlu berhati-hati! Orangtua harus bisa menjadi figur dewasa yang kompeten dan tegas, tetapi tetap menunjukkan kepedulian dan kehangatan.



 

“Perilaku orangtua di rumah sebaiknya dapat menjadi contoh yang baik. Jika orangtua konsisten dan disiplin dalam menjalani keseharian, Si Kecil dapat mengelola emosi dengan baik, serta mampu mendisiplinkan diri. Ia pun akan tumbuh menjadi anak hebat di kemudian hari,” ungkap Verauli dalam konferensi pers Bebelac Grow Them Great beberapa waktu lalu.



 

Sayangnya, kebanyakan orangtua lupa atau tidak menyadari bahwa sikap mereka sangat mudah dicontoh anak-anak. “Karenanya, perlu diingat bahwa Si kecil pasti 'mengidolakan' Anda. Ibaratnya, apa pun yang Anda lakukan, diperhatikan dan diikuti karena mereka merasa itu 'keren'. Untuk itu, tempatkan diri Anda sebagai role model bagi Si Kecil,” tegas Verauli. (Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: anak,   orangtua,   role_model,   anak_meniru_orangtua,   perilaku,  










Cover April 2020