Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 29 Februari 2016 / Redaksi

5 Perubahan Usia Tubuh Pasca-Persalinan

Menjadi ibu baru mungkin membuat Anda merasa berumur 100 tahun. Perubahan bentuk tubuh, perut yang lebih besar, hingga rambut yang menipis, membuat Anda merasa jauh lebih tua. Namun para ahli mengatakan, tak semua bagian tubuh menjadi lebih 'tua' pasca persalinan. Sebenarnya, berapa ya usia masing-masing bagian tubuh setelah melahirkan? Berikut penjelasannya. 

 

1. Rambut (+1 tahun). Begitu Anda melahirkan, rambut akan terasa lebih tipis. Hal itu terjadi karena adanya perubahan hormon, yang membuat rambut Anda rontok. Bahkan, ada beberapa ibu yang mengalami kerontokan cukup parah. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan perawatan di salon atau memakai rangkaian perawatan rambut yang cocok untuk Anda.



 

2. Wajah (+5 tahun). Menurut Dr. Michael Prager, dermatologis, wajah Anda akan tampak lebih tua dan tak bersinar seperti saat hamil. Terbangun larut malam karena tangisan Si Kecil, stres, serta kurangnya waktu untuk merawat diri sendiri dapat menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya, kurangi konsumsi gula. 

 

"Biasanya, orang mengonsumsi gula lebih banyak saat stres. Itulah yang harus dihindari ibu setelah melahirkan. Konsumsi gula secukupnya, agar kesehatan kulit dan wajah tetap terjaga," ujar James Duigan, penulis The Clean and Lean Pregnancy Guide.

 



3. Rahim (+2 tahun). Saat melahirkan, rahim Anda bertambah berat sekitar 15 kali dibandingkan sebelum hamil. Dalam jangka waktu 6 minggu pasca melahirkan, rahim akan bekerja ekstra untuk kembali ke bentuk semula. Namun, bentuk rahim tidak akan kembali persis seperti sediakala, karena ligamennya berubah. Hal ini tidak akan memperburuk kesehatan Anda, hanya saja otot-otot sekitar rahim tidak sekuat dahulu lagi.

 

 

4. Tubuh (-2 tahun). Pasca-melahirkan, tubuh akan menjadi lebih bugar seolah 2 tahun lebih muda. Hal ini karena Anda lebih aktif mengurus Si Kecil, apalagi jika menyusui. Penelitian menemukan, 83 persen ibu lebih semangat menjaga pola makan dan 63 persen ibu lebih semangat berolahraga setelah melahirkan.

 

5. Payudara (-10 tahun). Kehamilan dan menyusui berdampak langsung pada bentuk payudara Anda. Menyusui juga dapat memperkecil risiko kanker payudara. Menurut Dr. Sarah Brewer, penulis Planning A Baby, Anda tidak perlu menurunkan berat badan terlalu drastis, karena bisa membuat payudara turun. Pakailah bra yang sesuai dengan ukuran payudara, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)

 

 


RELATED ARTICLE

Cara Mengurangi Risiko Infeksi Pasca Caesar

4 Cara Merawat Luka Bekas Jahitan Caesar

Inilah Penyebab Rambut Rontok Pasca Persalinan

OTHER ARTICLES

Market & Museum - Letter To Jully

Hari Anak Nasional: Sudahkah Kita Penuhi 10 Hak Anak?

Yuk Moms, Kenali Karakter Anak Berdasarkan Zodiak! (2)

Keluarga Baru Jakarta Aquarium

Oligohidramnion, Kondisi Cairan Ketuban Terlalu Sedikit