Mother&Baby Indonesia
4 Tujuan Wisata Unik di Kota Bogor

4 Tujuan Wisata Unik di Kota Bogor

Kampung Sindang Barang

Info: 0857-1909-3544 (Ukat Sukatma, penanggung jawab keamanan adat dan sejarah lokal)

 

Jika Anda dan keluarga ingin mengenal lebih dalam mengenai budaya Sunda, berkunjung ke Kampung Budaya Sindang Barang adalah pilihan paling tepat. Di sini, Anda bisa melihat dan belajar seluk beluk budaya Sunda. Anda pun bisa mengikuti upacara menanam padi jika datang pada bulan Oktober.

 

Kampung Budaya Sindang Barang memiliki beberapa paket yang bisa Anda dan keluarga pilih. Ada paket wisata 1 hari dengan biaya Rp 100.000/orang untuk Anda yang ingin mempelajari budaya Sunda dipandu guide berpengalaman. Paket tersebut sudah termasuk makan dan jalan-jalan keliling kampung.

 

Ada pula paket menginap 2 hari 1 malam dengan biaya Rp 275.000-Rp 300.000/orang bagi Anda yang ingin belajar budaya Sunda, menari jaipong, menonton pertunjukan, belajar angklung, menangkap ikan, dan mengenal permainan sunda. Biaya tersebut sudah termasuk penginapan, biaya 3 kali makan, dan guide.


Vihara Budha Dharma 8 Pho Sat

Info: (0251) 8852444


Vihara yang dibangun sejak 2011 ini menarik perhatian karena memiliki patung Budha tidur dengan panjang 18 meter dan tinggi 3,75 meter. Jadi, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Bangkok untuk menikmati keunikan patung Budha tidur. Patung Budha ini juga memiliki bantalan emas sepanjang 22 meter dan di keningnya terpasang emas asli. Wow!

 

Setiap bulannya, Vihara Budha Dharma 8 Pho Sat mengadakan acara Fang Shen untuk mengumpulkan umat Budha berdoa bersama. Dalam acara ini, setiap orang wajib membawa hewan, seperti ikan atau ayam untuk dilepaskan bersama-sama. Hal itu untuk mengingatkan bahwa sebagai sesama makhluk hidup, kita harus saling menjaga dan hidup berdampingan dengan damai.


Gong Factory

Info: (0251) 8314132

 

Bengkel pembuatan gong ini sudah berdiri selama 370 tahun dan satu-satunya di Jawa Barat. Bengkel ini merupakan usaha turun temurun, yang sekarang dipegang oleh generasi ke-6. Menurut bapak Hj. Sukarna, 90, pimpinan pabrik, setiap gamelan dibuat berdasarkan pesanan yang datang. Karenanya, jika Anda ingin mengajak Si Kecil untuk melihat proses pembuatan gong, sebaiknya melakukan janji terlebih dahulu. Bengkel gong ini juga dijadikan cagar budaya oleh pemerintah Jawa Barat.


Sanggar Wayang Golek Tumaritis

Info: (0251) 8383758

 

Sanggar Wayang Golek Tumaritis sudah berdiri sejak 32 tahun yang lalu. Hebatnya, wayang golek buatan sanggar ini sudah diekspor ke beberapa negara di Eropa, seperti Belanda dan Jerman. Jika ingin memiliki pajangan wayang golek dengan wajah Anda atau Si Kecil, Anda bisa memesannya di sini. Kisaran harga wayang yang ada di sanggar ini adalah Rp 350.000-Rp 850.000. Anda pun bisa mengajak Si Kecil melihat proses pembuatan wayang dengan melakukan reservasi terlebih dahulu.

 


Selain terkenal dengan wisata kulinernya, Bogor juga memiliki banyak tempat menarik lho, Moms. Tidak heran, Kota Hujan tersebut selalu menjadi pilihan warga Jakarta untuk berakhir pekan. Berikut beberapa tempat menarik di Bogor yang M&B kunjungi bersama Ezytravel beberapa waktu lalu dan tentunya dapat menjadi pilihan wisata Anda bersama keluarga. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)





Tags: bogor,   kota_hujan,   wisata_bogor,   kampung_sindang_barang,   wayang_golek,   gong_factory










Cover April 2020