Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Boleh Minum Kopi, Asal...

Ibu Hamil Boleh Minum Kopi, Asal...

Sampai saat ini, konsumsi kafein selama hamil masih menjadi perdebatan. Ada yang melarang, karena kafein dianggap berbahaya bagi kesehatan dan fungsi kognitif anak di kemudian hari. Namun sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology pada November lalu, memaparkan,  mengonsumi kafein, misalnya secangkir kopi setiap hari, tidak menimbulkan efek negatif pada kesehatan, IQ, serta perilaku anak.

 

Kesimpulan tersebut diambil setelah meneliti 2.200 wanita di AS yang sering mengonsumsi kopi selama hamil. Termasuk para wanita yang hamil di antara 1959-1974, yang mana pada tahun tersebut, konsumsi kopi merupakan kebiasaan sehari-hari. Setelah itu, para peneliti juga menilai IQ dan perilaku anak-anak wanita tersebut. Hasilnya, peneliti tidak menemukan bukti kalau kopi berefek negatif pada perkembangan mereka.



 



“Lewat studi tersebut, kami meyakinkan para ibu hamil bahwa mengonsumsi kafein secara wajar atau secangkir kopi setiap hari, tidak menimbulkan efek berbahaya pada perkembangan IQ anak-anak mereka," kata Dr. Mark Klebanoff, peneliti utama dari Center for Perinatal Research at Nationwide's Research Institute. Namun, peneliti tetap menyarankan ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menghindari efek negatif kafein pada kehamilan yang berisiko. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: kopi_dan_kehamilan,   aturan_minum_kopi,   info_kehamilan,   larangan_minum_kopi_saat_hamil