Mother&Baby Indonesia
Moms, Gunakan Media Sosial dengan Bijak!

Moms, Gunakan Media Sosial dengan Bijak!

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, media sosial sudah menjadi 'sahabat' Anda sehari-hari. Anda tentu tidak mau ketinggalan berita yang berkaitan dengan perkembangan Si Kecil atau informasi terkini di dunia parenting. Namun, terlalu lama berselancar di media sosial juga tidak baik lho, Moms!

 

Anda bisa dengan mudah terpancing belanja online setelah melihat Instagram, karena ingin Si Kecil bergaya keren seperti anak selebriti atau terpancing berkomentar negatif di Path. Karenanya, Anda harus memahami cara menjadi ibu yang pintar dan bijak saat menggunakan media sosial. Berikut beberapa tipsnya.

 

Jadikan wadah berkreasi. Tak hanya melihat-lihat gambar atau foto yang bagus, media sosial juga dapat menjadi tempat berkreasi. Jika Anda hobi memasak, menggambar, menulis, berbelanja baju vintage, dan lainnya, jangan lupa untuk memotret hasil hobi Anda di media sosial. Jeli lah melihat peluang bisnis di media sosial, siapa tahu ada kawan atau kerabat yang menyukai hasil karya Anda dan ingin membelinya. 

 

Cari informasi yang membangun hidup. Imelda Fransisca, presenter dan penulis buku Modern Mama: Wake Up. Fight. Repeat, menyebutkan bahwa media sosial harus menjadi tempat mencari inspirasi dan informasi. Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai parenting, relationship, hingga berita-berita terkini. Tekankan kepada diri Anda bahwa informasi tersebut harus bisa membangun hidup menjadi lebih baik.

 

Update teman-teman Anda. Tidak masalah jika Anda memiliki teman berjumlah banyak di media sosial, namun pikirkan kembali kualitas pertemanan Anda. Apakah melalui pertemanan tersebut, Anda sering melihat atau membaca hal-hal yang tidak baik, status yang hanya mengeluh atau justru pamer, dan membuat Anda geram? Jika ya, segera 'putuskan' pertemanan tersebut, agar tidak memengaruhi perilaku Anda di kemudian hari.

 

Jauhi drama. Perhatikan status yang Anda tulis di media sosial. Jangan menulis status yang isinya terus mengeluh, marah-marah, atau hal negatif lain yang bisa membuat Anda terlihat buruk. Sebelum udpate status, sadarilah bahwa banyak orang yang akan membaca dan memerhatikan tingkah laku Anda di media sosial. Jangan sampai ada yang merasa tersinggung atau tidak suka dengan status tersebut. Ingat! Jangan menambah drama dalam hidup Anda dengan berkonflik dengan orang lain.

 

Jangan lupakan Si Kecil. Berselancar di dunia maya memang menyenangkan dan bisa membuat Anda lupa waktu. Mulai sekarang, batasi waktu bermain media sosial agar Si Kecil (dan suami, tentunya) tidak terabaikan. Ingat, dibandingkan teman-teman di dunia maya, ada keluarga di dunia nyata yang harus Anda urus dan perhatikan! (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: bijak_menggunakan_sosial_media,   info_ibu,   ibu_masa_kini,   sosial_media