Mother&Baby Indonesia
4 Cara untuk Menghindari Pertengkaran Si Kakak dan Adik

4 Cara untuk Menghindari Pertengkaran Si Kakak dan Adik

Jika Anda memiliki anak lebih dari 1, pertengkaran tentunya menjadi hal yang biasa terjadi. Apalagi, jika kakak dan adik memiliki banyak kesamaan. Biasanya, keduanya menjadi sering bertengkar untuk memperebutkan hal yang mereka sama suka. Namun, Anda sebenarnya bisa meminimalkan pertengkaran tersebut. Bagaimana caranya? Berikut saran M&B yang bisa Anda lakukan:

 

1. Kenali watak anak Anda



Meski memiliki selera yang sama, pada dasarnya masing-masing anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Anda pun harus bisa bersikap adil kepada mereka. Berikan hak yang sama untuk memenuhi kebutuhannya.

 

2. Luangkan waktu untuk masing-masing anak

Anda harus memberikan waktu bagi setiap anak untuk melakukan kegiatan tanpa gangguan saudaranya. Misalnya, Si Kakak lebih suka jalan-jalan dan main di luar rumah, sementara adiknya lebih suka menonton film kartun. Jangan paksa mereka melakukan hal yang sama hanya untuk mempermudah penjagaan dan akhirnya justru menimbulkan pertengkaran.

 



3. Berikan privasi

Sekali-sekali, biarkan Si Kecil bermain dengan mainannya sendiri, tanpa harus berbagi dengan saudaranya. Kegiatan ini juga bagus untuk perkembangan kepribadiannya.

 

4. Lakukan kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga
Anda bisa mengajak seluruh keluarga untuk melakukan kegiatan bersama, seperti menonton film atau bermain bola. Dengan demikian, Anda akan membangun cara yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga untuk meluangkan waktu bersama.

 

Kegiatan ini juga dapat mengurangi ketegangan yang terjadi di antara Si Kakak dan adik. Selain itu, karena ini kegiatan bersama, anak-anak pun tidak perlu saling berebut perhatian Anda. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: toddler,   kakak_adik,   pertengkaran,   anak,   tip










Cover April 2020