Mother&Baby Indonesia
Menciptakan Anak yang Cinta Lingkungan

Menciptakan Anak yang Cinta Lingkungan

Mengajari balita untuk mencintai lingkungan perlu dipupuk sejak dini. Tidak harus yang rumit, cukup ajari ia 5 cara sederhana seperti berikut ini!

 



1. Hemat Listrik

Selalu matikan lampu, televisi, dan komputer setelah selesai menggunakannya, serta jangan tinggalkan kulkas dengan pintu terbuka. Ajak Si Kecil untuk turut melakukannya dan jelaskan kalau semua benda itu dinyalakan menggunakan tenaga listrik yang besar.

 

2. Matikan Keran

Air dan Si Kecil merupakan sahabat yang sangat baik. Tidak heran, ia betah berlama-lama di wastafel untuk mencuci tangannya menggunakan air yang terus mengalir. Karenanya, berusahalah untuk mendampinginya saat mencuci tangan. Ajarkan ia untuk menggunakan air secukupnya dan membiasakan menutup keran ketika tangannya sedang disabuni agar air tidak terbuang percuma.

 

3. Jalan Kaki atau Naik Sepeda



Jika jarak sekolah Si Kecil tidak terlalu jauh dari rumah dan ia sudah bisa naik sepeda sendiri, tidak ada salahnya kalau Anda mengajaknya bike to school. Atau, Anda dapat mengajaknya berjalan kaki ke sekolah sambil menikmati segarnya udara pagi. Lakukan hal yang sama saat mengajaknya pergi ke rumah teman atau supermarket yang jaraknya masih cukup terjangkau.

 

4. Reuse, Recharge

Gunakanlah baterai yang bisa di-recharge untuk mainan elektronik Si Kecil dan ajari ia cara untuk merawat, serta menggunakannya. Lakukan hal yang sama kepada barang-barang elektronik yang menggunakan baterai di rumah Anda. Jelaskan kepadanya bahwa hal ini harus dilakukan untuk mengurangi sampah dan logam beracun, seperti merkuri, yang sangat berbahaya bagi bumi.

 

5. Bawa Tas Sendiri

Ketika pergi ke supermarket, biasakan selalu membawa tas kain dari rumah untuk mengemas hasil belanjaan Anda. Jelaskan pada Si Kecil, membawa tas sendiri dari rumah akan mengurangi sampah plastik yang umumnya digunakan supermarket untuk mengemas barang-barang belanjaan. Tidak ada salahnya, jika Si Kecil pun memakai tas sendiri saat ikut berbelanja ke supermarket. (DC/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   anak_cinta_lingkungan,   hemat_air,   hemat_listrik