Mother&Baby Indonesia
Mengenalkan Tuhan Kepada Anak

Mengenalkan Tuhan Kepada Anak

Balita memang masih terlalu muda untuk memahami konsep yang abstrak, namun ia sudah memiliki kemampuan untuk memahami nilai spiritual lho, Moms. Jadi, tidak ada masalah bagi Anda untuk mengenalkan Si Kecil konsep spiritual sejak usia pre-school. Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

 

Kenalkan Keberadaan Tuhan
Mulailah untuk memperkenalkan Si Kecil kepada Sang Pencipta dengan cara-cara yang sederhana. Misalnya, katakan kalau apa yang ia miliki adalah pemberian Tuhan. Beritahukan pula bahwa Tuhan dapat mengetahui apa saja yang dilakukannya, sehingga ia pun harus selalu berbuat baik. Secara perlahan, ia tentu akan memahami keberadaan Tuhan.



 

Ucapkan Kata-kata Baik
Beri tahu Si Kecil berbagai kebesaran Tuhan dengan mengucapkan kata-kata baik untuk memuja ciptaanNya. Contohnya, saat akan tidur, bisikkan di telinganya, “Lindungi anak kesayanganku ya, Tuhan. Jagalah selalu saat ia tertidur dan bermimpi indah.”

 

Waktu untuk Bersyukur
Ajak Si Kecil meluangkan waktu untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan atas segala kebaikan yang ia dapatkan setiap harinya, seperti saat akan makan, berlibur bersama keluarga, mendapatkan mainan baru dari ayah, dan sebagainya.



 

Membacakan Cerita
Anda bisa mengenalkan nilai spiritual kepada Si Kecil melalui buku. Luangkan waktu untuk membaca bersamanya dan bersiaplah memberikan jawaban yang sederhana jika ia mengajukan pertanyaan seputar isi buku.

 

Biasakan Berbagi
Ajak Si Kecil untuk aktif di berbagai kegiatan sosial, seperti memberikan baju layak pakainya atau makanan kepada mereka yang membutuhkan. Tidak ada salahnya pula, jika Anda mengajaknya menyumbang pakaian ke gereja meski beragama Islam, atau sebaliknya. Hal ini akan mengajarkan Si Kecil mengenai indahnya membina kerukunan antarumat beragama. (DC/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: balita,   anak,   brighter_future,  








Cover Januari - Februari 2020